Empat Hal Ini Patut Dijadikan Bahan Refleksi Kaum Muslimin Jelang Tahun Baru 2023

Empat Hal Ini Patut Dijadikan Bahan Refleksi Kaum Muslimin Jelang Tahun Baru 2023

Adi Sucipto, Ketua Ikadi Provinsi Bengkulu-Adam-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Tahun  2023 tinggal bebepapa saat lagi kita sambut. Berikut pandangan Ketua IKADI Provinsi Bengkulu, Adi Sucipto, LC bagaimana hendaknya kaum muslimin menyikapinya.

"Sebagai umat Islam,  minimal ada 4 hal yang perlu dilakukan sebagai bentuk perayaan terhadap pergantian tahun. Agar kita tidak terperosok ke dalam sifat mubazir seperti hura-hura, pesta atau lainnya," ujar Ustadz Adi biasa disapa kepada RADARBENGKULUONLINE.COM, Sabtu sore (31/12) mengawali pembicaraannya.

Lanjut Ustadz Adi,  mengucap syukur dan banyak mengoreksi diri adalah awalnya.

"Pertama, dan paling penting adalah mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah kepada kita semua. Termasuk bangsa Indonesia. Utamanya umat Islam sepanjang satu tahun ini. Kedua, perbanyak muhasabah (introspeksi diri), untuk mengetahui seberapa jauh seorang manusia beramal baik dan melanggar aturan Allah SWT,"  ujar Ustadz Adi.

BACA JUGA: Ujung Tahun Pemkot Bengkulu Lantik 4 Pejabat Eselon II, Termasuk Kadis Kominfo

Menurutnya, terakhir kali baru membersihkan diri dan muroqobah.

BACA JUGA:Viral, Mantan Gub Ridwan Mukti Dorong Dedy Wahyudi Jadi Walikota

"Ketiga, membersihkan diri. Selama satu tahun ini berbagai peristiwa telah dialami manusia. Entah peristiwa bahagia, menyedihkan, kehidupan atau kematian. Sedangkan yang keempat; muroqobah (supervisi). Umat Islam ke depan harus optimis. Jangan berputus asa, meski berbagai cobaan atau masalah yang mendera bangsa Indonesia. Wallahu a'lam," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: