10 Alasan Alasan Kenapa Kamu Wajib Menurunkan Berat Badan, No 10 Paling Menyenangkan

10 Alasan Alasan Kenapa Kamu Wajib Menurunkan Berat Badan, No 10 Paling Menyenangkan

Lemat yang berlebih ditubuh -IST-

BENGKULU, RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Lagi-lagi permasalahan berat badan berlebih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagaian orang. Lebih-lebih kaum ibu-ibu muda dan pria dewasa. Sebab selain meningkatkan risiko berbagai penyakit, berat badan berlebih juga membuat nafsu kamu menjadi berkurang. Solusinya adalah mulailah menjalani proses penurunan berat badan untuk alasan kesehatan dan mengatur pola makan.

Berikut 10 Alasan kamu harus menurunkan berat badan dilansir dari klikdokter.com. Pertama adalah; 1. Meningkatkan Level Energi. Sebab berkurangnya berat badan mampu memperbaiki fungsi pernapasan serta kualitas tidur. Seiring dengan berat badan yang turun, tubuh pun tidak perlu bekerja terlalu keras.

2. Memperbaiki Kadar Kolesterol. American Heart Association menyebutkan bahwa berat badan yang berlebih berhubungan dengan kadar kolesterol dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa obesitas berkaitan dengan peningkatan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik). Dengan mengurangi 5-10% berat badan, ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol LDL dan risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:Ingin Turun Berat Badan di 2023, Kurangi Makanan Ini

3. Menurunkan Tekanan Darah. Lemak pada lingkar pinggang akan berbahaya bagi kesehatan jika jumlahnya terlalu banyak. Kondisi ini mampu meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, terutama bagi orang-orang dengan obesitas maupun berat badan berlebih.
4. Memperbaiki Mobilisasi.  Menurut Arthritis Foundation, berkurangnya 4.5 kg berat badan, mampu mengurangi beban sebesar 18 kg dari lutut. Berat badan berkurang juga mampu mengurangi gejala artritis rematoid.

5. Memperbaiki Pernapasan. Mengurangi berat badan dapat mencegah penyakit pernapasan yang berhubungan dengan obesitas, seperti obesity hypoventilation syndrome. Penyakit ini disebabkan oleh lemak berlebih pada leher, dada, dan perut, yang menyebabkan rasa sesak napas, lelah berlebih, mendengkur serta nyeri kepala.
6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke. Studi Centers for Disease Control and Prevention (CDC), stroke dan penyakit jantung merupakan 1 dari 3 penyebab kematian yang terjadi di Amerika Serikat.

BACA JUGA:Empat Hal Ini Patut Dijadikan Bahan Refleksi Kaum Muslimin Jelang Tahun Baru 2023

7. Meningkatkan Suasana Hati. Menurunkan berat badan juga berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan diri seseorang. Diet yang sehat dapat mengurangi tingkat depresi seseorang.
8. Meningkatkan Kualitas Tidur. Salah satu kondisi yang dialami orang dengan obesitas adalah kualitas tidur yang buruk.

9. Menurunkan Risiko Kanker. Studi American Cancer Society menemukan bahwa berat badan berlebih mampu meningkatkan risiko penyakit kanker, seperti kanker usus besar, payudara, tiroid, indung telur, dan pankreas.
10. Meningkatkan libido. Penelitian akan hubungan indeks massa tubuh dengan libido masih dilakukan, tapi telah terbukti bahwa berat badan yang berlebih menyebabkan meningkatnya sex-hormone binding globulin (SHBG) dalam darah. Kondisi ini akan berdampak pada menurunnya libido seseorang. Menurunkan berat badan bisa menjadi solusi untuk mengembalikan libido anda.


Jadi tunggu apalagi, silahkan rencanakan untuk menurunkan berat badan anda menjadi berat badan yang ideal dan yang paling penting adalah mulailah menerapkan gaya hidup sehat. Sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: