4 Pantai Ini Rekomended Untuk Istirahat Saat Perjalanan Bengkulu - Mukomuko - Padang

4 Pantai Ini Rekomended Untuk Istirahat Saat Perjalanan Bengkulu - Mukomuko - Padang

Pemandangan di Pantai Abrasi Urai-Seno-

MUKOMUKO, RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Perjalanan Kota Bengkulu - Mukomuko jalur darat lebih kurang 275 kilometer. Jika ditempuh menggunakan mobil atau sepeda motor diperkirakan memakan waktu sekitar 5 sampai 6 jam. 

Meski di dalam atau diatas kendaraan, capek, letih, hingga pegal-pegal masih bakal menghinggapi para pelancong dari Bengkulu - Mukomuko - Padang. Tapi tidak perlu khawatir. Sepanjang jalan ada 4 pantai yang cocok untuk dijadikan tempat istirahat. Menghilangkan penat, capek, dan letih, sembari cuci mata melihat pemandangan.

Apalagi posisi pantai ini dekat banget dengan jalan raya. Posisinya pas dipinggir jalan. Tak perlu repot-repot masuk gang untuk sampai ke lokasi.

Jalan Lintas Sumatra, Bengkulu - Mukomuko - Padang (Sumatera Barat) melintasi pesisir Samudra Hindia. Jadi wajar kalau banyak menyuguhkan pemandangan laut saat dalam perjalanan.

Dari sekian banyak pantai yang dilewati, ada 4 pantai yang cocok banget untuk dijadikan tempat istirahat. Berikut 4 pantai tersebut;

1) Pantai Serangai


Pantai Serangai berada di Desa Serangai, Bengkulu Utara. Jika para pejalan ingin mampir ke pantai ini, maka ambil rute jalan lama (Bintunan - Serangai - Urai - Katahun). Jangan belok kanan ambil jalur Batik Nau dari Bintunan.

Pantai Serangai menyajikan pemandangan laut yang indah, dengan pasir pantai halus yang memanjakan kaki. Angin sepoi-sepoi, ditambah deburan ombak yang menghantam bebatuan di pinggir, menambah suasana alam yang nyaman.

Jika mau beristirahat, pengelola pantai ini menyediakan pondok-pondok di bawah pepohonan cemara. Tidak sewa. Kita cukup beli dagangan yang mereka jual.

Tidak hanya itu, di Pantai Serangai sudah tersedia fasilitas mushala dan toilet umum. Jadi cocok banget kalau mau menghilangkan capek di pantai ini saat sedang dalam perjalanan Bengkulu - Mukomuko - Padang.

2) Pantai Abrasi Urai


Tak jauh dari Pantai Serangai, atau sekitar 5 kilometer, ada Pantai Abrasi Urai. Pantai ini memang belum banyak fasilitas seperti pondok, mushala dan toilet. Hanya ada bangku panjang di antara pohon cemara dan pandan laut.

Tapi, sayang kalau pantai ini dilewatkan begitu saja. Pasalnya, pemandangan dari atas tumpukan batu gajah yang jadi penahan ombak, memanjakan mata banget.

Yang hobi bersuafoto untuk penghias media sosial, agaknya perlu mampir ke pantai ini. "Cekrek-cekrek" dari atas batu sembari menikmati tiupan angin. Kalau senyum sudah melebar, capek dengan sendirinya akan minggat.

3) Pantai Indah Air Petai Putri Hijau


Pantai yang berada di Desa Air Petai, Kecamatan Putri Hijau, Bengkulu Utara ini juga cocok jadi tempat istirahat saat dalam perjalanan Bengkulu - Mukomuko - Padang.

Posisinya tepat di tengah antara Kita Bengkulu dengan Mukomuko. Posisinya juga pas dipinggir jalan. Meski tak terlalu luas, pantai dengan ombak yang nyaris sampai ke tengah jalan ini menjadi pemandangan tersendiri.

Selain pemandangan alam laut, dari arah Utara de selatan, pantai ini juga menyajikan pemandangan tebing tanah berwarna kuning kecoklatan. Syukur-syukur juga bisa melihat aktivitas pemisahan batu bara dari pelabuhan ke kapal tongkang.

Di Pantai Indah Air Petai ini, ada pedagang makanan dan minuman siap saji. Jadi, bagi yang tidak membawa makanan, masih tetap bisa mengisi perut yang sudah keroncongan.

 4) Wahana Tepok Merah, Ditemani Monyet Ekor Panjang


Masuk wilayah Kabupaten Mukomuko, tepatnya di Desa Air Rami, Kecamatan Air Rami, ada Wahana Tepok Merah. Wahana ini dikelola secara mandiri oleh pemilik lahan

Suasananya begitu asik. Di tengah pepohonan kelapa sawit di tebing di atas laut telah dibangun puluhan pondok-pondok yang dibuat dari kayu.

Pengelola juga menjual makanan mulai dari makanan berat seperti nasi dengan ragam menu, ada juga makanan ringan serta berbagai varian minuman. Urusan fasilitas. Jadi jangan sampai kamu lewatkan ya, tempat - tempat nan indah ini. (SAM)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: