Boleh Juga, Ini Solusi Sampah Kota Bengkulu dari Wawali, Bisa Jadi Cuan

Boleh Juga, Ini Solusi Sampah Kota Bengkulu dari Wawali, Bisa Jadi Cuan

Wakil Walikota Bengkulu, DR. Dedy Wahyudi, SE, MM-Adam-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM  - Nah, ini baru berita. Briket sampah plastik yang dibuat sebagai bahan bakar  pengganti batu bara akan diusulkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PT Tenaga Listrik (TLB) Bengkulu.

Menurut Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi, pihaknya saat ini tengah melakukan penjajakan dengan pihak PT TLB untuk memanfaatkan pengelolaan briket berbahan sampah. Hal ini sebagai upaya pengelolaan sampah yang banyak berserak di Kota Bengkulu sekaligus pemenuhan bahan bakar pengganti batu bara.

"Seperti kita lihat, saat ini PT TLB sedang kekurangan bahan bakar batu bara, sehingga menyuplai batu bara dari daerah lain. Nah, ini bisa menjadi salah satu alternatif. Itu akan kami tawarkan pengelolaan briket sampah menjadi bahan bakar pengganti," kata Dedy, Selasa (17/1).

Lebih lanjut dikatakan Dedy , potensi sampah diolah menjadi briket di Kota Bengkulu cukup tinggi dan dirasa menjadi langkah efektif untuk mengurangi limbah sampah di Kota Bengkulu. Dengan banyaknya sampah berserakan, ia berharap dapat menjadi solusi pemenuhan kebutuhan daya pembangkit listrik tenaga uap . 

BACA JUGA: Gawat Ini, TPA Air Sebakul Tak Mampun Tampung Sampah Lagi, Pemkot Harus Cari Alternatif Lain Ya!

" Apakah nantinya perusahaan dari Korea yang akan menggarap atau ada perusahaan lain. Baru setelah diolah, briket inilah yang nantinya disuplai PT TLB," ujar Dedy.

Dedy meminta nantinya pengelolaan sampah sejalan dari hulu. Dimana sampah rumah tangga harus dipilah sesuai dengan kriterianya.

"Jika ini terwujud, kedepan kami minta agar sampah rumah tangga juga dikelola. Dipisahkan antara sampah yang dapat didaur ulang dengan sampah basah yang bisa dijadikan pupuk organik. Jadi dua-duanya sangat bermanfaat dan dapat bernilai ekonomis." 

BACA JUGA:Ingin banyak Dapat pengurangan Hukuman, Sering -Seringlah Donor Darah, Warga Binaan Wajib Tahu

Walaupun langkah tersebut masih dalam tahap penjajakan, Pemkot Bengkulu berharap dukungan dari berbagai pihak agar upaya tersebut dapat terwujud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: