Bagus, Calon Peserta KKN UIN FAS 2023 Ikuti Orientasi Ibadah Kemasyarakatan

Bagus, Calon Peserta KKN UIN FAS 2023  Ikuti Orientasi Ibadah Kemasyarakatan

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu sedang mengadakan orientasi ibadah kemasyarakatan bagi calon peserta KKN 2023-Ustaza-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM -  Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu mengadakan orientasi ibadah kemasyarakatan bagi calon peserta KKN 2023.

Peserta adalah mereka yang sudah dinyatakan lulus tes baca Al-Quran oleh Pusat Qur’an dan Ibadah Kemasyarakatan (PUSQIK).

Acara ini dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai berlokasi di Masjid Al-Faruq UIN FAS Bengkulu, Selasa (17/01/2023).

Fasih baca Al-Qur’an menjadi standar penilaian dan persyaratan mahasiswa UIN FAS Bengkulu dalam berbagai kegiatan. Mulai dari ujian proposal, munaqosyah, KKN, organisasi mahasiswa, beasiswa dan lain sebagainya.

Orientasi ibadah kemasyarakatan dilaksanakan sebagai bentuk bekal bagi mahasiswa calon peserta KKN 2023. Dengan membagi 3 materi. Yakni materi mengenai doa dan zikir sesudah salat, takziyah dan tahlil, serta praktik salat jenazah. Dengan tambahan buku panduan oleh pihak PUSQIK sendiri.

BACA JUGA:Sakit Jantung, Okti Ajukan Penangguhan Penahanan

KKN 2023 ini dilaksanakan seminggu sebelum bulan Ramadhan dan berjalan selama kurang lebih 2 bulan. Dengan lokasi di Kabupaten Seluma, Mukomuko, dan daerah pedesaan lainnya.

Syarat menjadi peserta KKN UIN FAS Bengkulu adalah dengan lampiran sertifikat lulus tes baca Al-Qur’an. PUSQIK membagi 3 tahapan tes baca Al-Qur’an bagi mahasiswanya. 

Hingga saat ini tercatat sebanyak 560 lulus tahapan pertama dari 1.685 orang. 

Rizkan Syahbudin selaku Kepala PUSQIK UIN FAS Bengkulu menyampaikan bahwa mahasiswa yang tidak lulus tes baca Al-Qur’an, maka KKN nya akan dilaksanakan di sekitar UIN FAS Bengkulu. 

“Dengan melalui berbagai tahapan pada tes baca Al-Qur’an, mahasiswa yang tidak lulus, maka akan kami KKN kan di sekitar kampus ini. Kare sangat penting bagi mahasiswa kita agar bisa membaca Al-Qur’an dengan fasih. Karena kita adalah Universitas Islam. Jadi, sudah menjadi hal wajib bahwa baca Al-Qur’an itu sebagai persyaratan di UIN FAS Bengkulu,” ujarnya.

Pada kegiatan orientasi ibadah kemasyarakatan inilah diharapkan bisa membantu peserta KKN ketika sudah terjun di masyarakat. Sebab, mahasiswa Universitas Islam, sudah menjadi harapan besar masyarakat bahwa lulusannya bisa membantu kegiatan-kegiatan keagamaan di masyarakat.

BACA JUGA: Gawat Ini, TPA Air Sebakul Tak Mampun Tampung Sampah Lagi, Pemkot Harus Cari Alternatif Lain Ya!

Salah seorang peserta orientasi, Readyko Amanda Putra juga mengatakan bahwa kegiatan ini  sangat bagus untuk persiapan menghadapi KKN tahun 2023. 

“Kegiatan ini sangat bagus dan efektif sebagai bentuk persiapan menghadapi KKN tahun 2023 ini, dan juga agar bisa mempersiapkan diri secara baik demi menjaga nama baik pribadi, kelompok dan universitas,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: