Banner Perpustakaan

Tertawa, Mahasiswa Bermain Lakon di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Tertawa, Mahasiswa Bermain Lakon di UIN  Fatmawati Sukarno Bengkulu

Mahasiswa UIN FAS Bengkulu sedang pentaskan lakon teater-Akbar-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu yang beralamat di Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu mengadakan kegiatan teater yang bertemakan komedi.

 

Kegiatan teater ini diadakan pada tanggal 16-17 Januari 2023, yang diselenggarakan di Gedung Auditorium UIN FAS Bengkulu.

 

Kegiatan ini diadakan oleh Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Panggung Teater tersebut rutin diadakan setiap satu tahun sekali sejak tahun 2018.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperoleh tugas akhir pada mata kuliah apresiasi drama. Jadi, setiap mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Indonesia wajib mengikuti teater tersebut. 

Teater terdiri dari 2 kelompok yang mana masing-masing kelompok berisikan 2 kelas. Kelompok pertama kelas A&B. Kelompok kedua kelas C&D. Mereka semua adalah mahasiswa semester 3 pada Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. 

Kedua kelompok tersebut sama-sama bermain teater yang bertemakan komedi. Kelompok pertama berjudul “Pada Suatu Hari,” karya Arifin C Noer dan kelompok kedua berjudul “Pinangan,” karya Anton Chekhov Saduran Jim Lim Suyatna Anirun.

Teater yang berjudul “Pada Suatu Hari” diperankan oleh kelompok pertama pada hari Senin, (16/1), berceritakan tentang suatu kehidupan keluarga yang terdiri dari pasangan-pasangan yang hampir kandas.

Adanya sebuah konflik dalam satu keluarga, yang dikemas dengan unsur komedi. Kemudian teater yang berjudul “Pinangan” diperankan oleh kelompok kedua pada hari Selasa, (17/1/2023). Pinangan ini bercerita tentang kedua insan yang akan bersatu dalam satu keluarga, namun terjadi beberapa rintangan yang menghambat proses bersatunya mereka.

Adegan-adegan rintangan tersebut dimainkan dengan sangat jenaka, sehingga mengundang gelak tawa dari para penonton.

Kegiatan yang digelar selama 2 hari ini cukup ramai penonton. Gedung Auditorium dipenuhi oleh para tamu undangan dari universitas lain dan para mahasiswa UINFAS sendiri. 


Suasana saat Mahasiswa UIN FAS Bengkulu sedang memainkan lakon teater-Akbar-

“Saya sebagai mahasiswa merasa kegiatan ini sangat menarik. Karena tidak hanya mempelajari secara teori, tetapi kami juga menerapkannya melalui kegiatan teater ini,” ujar Riski, salah seorang mahasiswa yang menjadi tokoh utama penampilan teater tersebut saat ditemui RADARBENGKULUONLINE.COM , Selasa, (17/01)

Alfian selaku dosen pengampu menyampaikan harapannya terhadap kegiatan ini.

“Untuk mahasiswa semester tiga dengan melakukan proses teater selama tiga bulan ini merupakan hasil yang bagus. Harapannya kegiatan pementasan teater ini dapat memberikan satu wawasan baru kepada mahasiswa-mahasiswa lain untuk ikut serta berkegiatan di bidang seni,”(17/1/2023). 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: