Hari Ini 929 Mahasiswa Diwisuda, Lulusan UIN FAS Bengkulu Punya Daya Saing Global

Hari Ini 929 Mahasiswa Diwisuda, Lulusan UIN FAS Bengkulu Punya Daya Saing Global

Rektor UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Prof Dr KH Zulkarnain, M.Pd-adit-

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID  - Rektor UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Prof Dr KH Zulkarnain M.Pd hari ini akan melakukan wisuda. Total mahasiswa yang diwisuda pada periode ini sebanyak 929 orang.

Rinciannya,  Fakultas Tarbiyah dan Tadris sebanyak 399 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 207 orang, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah sebanyak 109 orang, Fakultas Syariah sebanyak 162 orang, dan Program Pascasarjana, Magister dan Doktor sebanyak 52 orang. 

Rektor mengatakan, para lulusan perguruan tinggi haruslah memperhatikan poin tentang keterampilan kerja pada tahun 2025.

BACA JUGA:Makin Mudah, Bisa Kuliah Gratis di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

 

 

Berdasarkan data dari World Economic Forum (Forum Ekonomi Dunia), terdapat beberapa keterampilan kerja yang sangat diperlukan di era digital saat ini.

Itu antara lain: keterampilan berpikir analitis dan berinovasi, kemampuan menyelesaikan masalah, kemampuan berpikir kritis, kemampuan memimpin dan mempengaruhi, kemampuan beradaptasi, serta kemampuan menguasai teknologi. 

Saudara yang saat ini telah menyelesaikan di tingkat universitas, bukan berarti proses belajar telah selesai. Tantangan di masa depan semakin besar dan kompleks, oleh karena itu tetaplah meningkatkan kemampuan diri terhadap ilmu dan keterampilan baru agar saudara tetap bisa beradaptasi terhadap perubahan zaman yang begitu dinamis.


Penerimaan mahasiswa baru-adit-

UIN Fatmawati Sukarno terus berikhtiar guna menyiapkan generasi masa depan yang memiliki daya saing global. Salah satunya adalah dengan digitalisasi kampus. Seperti yang diamanahkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. 

Salah satu upaya yang kami lakukan dalam bidang akademik adalah melakukan inovasi siakadcloud yang merupakan peningkatan dari sistem siakad sebelumnya.

Diharapkan dengan adanya peningkatan ini mampu memaksimalkan pelayanan administrasi dan akademik di lingkungan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. 

BACA JUGA:Tidak Ada Usaha yang Sia-Sia, Anis Mahgfiroh Wisudawan Terbaik UIN Angkatan IV

 

 

Mari kita doakan bersama agar inovasi ini berjalan dengan baik demi peningkatan kualitas dan mutu UIN Fatmawati Sukarno.

UIN FAS  juga terus berikhtiar sebagai penjaga keberagaman dan kesatuan bangsa melalui penerapan konsep moderasi beragama dalam kehidupan sehari – hari. 

Konsep ini terdiri dari empat indikator yang mengacu pada komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan penerimaan terhadap tradisi. Indonesia adalah negara majemuk yang terdiri dari berbagai macam suku, agama, bahasa daerah, kebiasaan, adat dan budaya. 

BACA JUGA:Support, Pengurus BKMT Bengkulu Utara Periode 2023-2027 Dilantik

 

 

Moderasi beragama merupakan salah satu modal yang perlu dimiliki setiap individu dalam menjalankan peran sosial di tengah masyarakat yang multikultural. 

Saudara dan saudari, saat ini anda telah resmi menjadi alumni Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu,  maka tunjukkan kepada masyarakat bahwa sikap dan nilai moderasi terwujud dalam kehidupan sehari – hari.

Wajah universitas ini tercermin dari sikap dan perilaku saudari sekalian sebagai alumninya.  Bersikaplah moderat dalam beragama.

BACA JUGA:Resmi Dibuka, BUMN Sediakan Puluhan Ribu Kuota Mudik Gratis 2023

 

 

Hal ini menunjukkan bukti nasionalisme dan cinta tanah air Indonesia serta ajaran agama tidak dapat dipisahkan. Sehingga muncul kalimat hikmah yang berbunyi; hubbul wathon minal iman (cinta tanah air bagian dari iman).

Transformasi IAIN ke UIN tentunya mendorong instansi ini terus berbenah, meningkatkan pelayanan dari berbagai aspek, terutama di bidang pengelolaan keuangan yang lebih fleksibel.

Hari ini persiapan pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU)  sudah sampai tahap akhir. Hal ini berarti UIN FAS akan melaksanaan pengelolaan keuangan sendiri. 

BACA JUGA:Sudah Bagus, Pemkab Bengkulu Utara Terima Kunjungan Asisten KEMENPAN-RB

 

 

Sehingga, selain mendapat suntikan APBN, kampus dituntut untuk meningkatkan Penerimaan NegaraBukan Pajak (PNBP) dengan unit - unit bisnis. Oleh karena itu, UIN FAS  berkomitmen untuk mengupayakan aset, lembaga/unit, ma’had untuk memperoleh pendapatan. Seperti sewa gedung seminar, sewa fasilitas olahraga, klinik, layanan tes terstandar bahasa Arab dan Inggris, layanan penerjemahan, dan lain sebagainya. 

Para wisudawan/wisudawati yang saya banggakan serta para undangan yang berbahagia;

Saya juga sampaikan bahwa saat ini  Program Studi  Magister Tadris Bahasa Inggris dan Program Studi Magister Ekonomi Syariah sedang proses menunggu izin operasionalnya, semoga dalam waktu dekat segera diterbitkan, yang juga diharapkan menjadi alternatif pilihan bagi alumni yang akan melanjutkan S2 di kampus tercinta ini.

BACA JUGA:Mengejutkan, Tim Kejari Mukomuko Geledah RSUD Mukomuko, Sita 35 Karung Dokumen

 

 

selain itu juga, saya sampaikan bahwa tahun ini sebelum Ramadhan ini UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu melepas 1.630 orang mahasiswa yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Seluma, Kabupaten Kaur, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan pulau terluar, yaitu Pulau Enggano. 

Kami sampaikan pula bahwa berdasarkan Keputusan Senat UIN FAS Bengkulu, pelaksanaan wisuda sejak tahun 2023 ini akan dilaksanakan sebanyak 3 kali dalam setahun. Yaitu bulan Maret, Juli dan Oktober.

Saya berharap kepada wisudawan  yang telah menyelesaikan pendidikannya di universitas ini dapat terus berkarya, berpikiran maju, dan memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat.

BACA JUGA: Diakomodir Bertahap, Bupati Seluma Lobi Menteri Kesehatan Tingkatkan Fasilitas RSUD

Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan karuniaNya kepada kita dan seluruh bangsa Indonesia, sehingga kita diberikan kekuatan dan kemampuan untuk dapat meraih kehidupan yang lebih baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: