Gelar Journalist Bootcamp 2023, BRI Salurkan Bantuan Pendidikan

Gelar Journalist Bootcamp 2023, BRI Salurkan Bantuan Pendidikan

--


--
BRI menggelar kegiatan Journalist Bootcamp 2023 melibatkan jurnalis penerima beasiswa S2 BRI Fellowship Journalism se Indonesia mulai dari Batch 1, Batch 2 dan Batch 3.-Agus-

BENGKULU, RADARBENGKULU.Disway.ID - PT.Bank Rakyat Indonesia (BRI) diawal tahun 2023 ini menggelar kegiatan BRI Journalist Bootcamp 2023 yang dilaksanakan di BRILian Center Jakarta dan Royal Tulip Hotel Bogor.

 

 

Kegiatan yang di mulai sejak tanggal 27 Januari hingga 28 Januari 2023 ini melibatkan jurnalis penerima beasiswa S2 BRI Fellowship Journalism mulai dari Batch 1, Batch 2 dan Batch 3 se Indonesia.

BACA JUGA:Harga Sawit Akhir Januari 2023, Pabrik Ini Paling ''Bagak'' di Mukomuko

BACA JUGA:Kakanwil Kemenag Bengkulu Lantik Delapan Pejabat Administratur, Lima Diantaranya Kepala Kantor

 

 

Banyak rangkaian acara yang dilakukan, mulai dari perkenalan peserta antar penerima beasiswa S2 BRI Fellowship Journalism dengan pimpinan BRI di BRILian Center Kantor Pusat BRI Jakarta, kegiatan malam keakraban peserta BRI Journalist Bootcamp, kegiatan CSR BRI "Ini Sekolahku-Jurnalis Mengajar" yang melibatkan 51 jurnalis di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Badriyah Desa Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

 

 

Sementara itu, Department Head Corporate Communication BRI Roma Jaka Permata Simanjuntak menjelaskan, sejak 2013 BRI memberikan beasiswa S2 kepada para jurnalis dari seluruh Indonesia. BRI mengajak Jurnalis Indonesia menjadi agen perubahan demi memperkaya pemberitaan pers yang bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Penerima beasiswa dari CSR BRI peduli dimulai dari batch satu yang dibuka pada 2013, batch dua (2017) dan batch tiga (2022). Penerima beasiswa berasal dari Papua, Kalimantan, Sumatra, Jawa, Jabodetabek dan wilayah lain di Indonesia.

BACA JUGA:Ini Cara Memperlancar BAB Yang Alami dan Sangat Mudah

"Setelah 10 tahun membuka beasiswa S2 bagi para jurnalis, akhirnya BRI berkesempatan mengumpulkan para jurnalis dalam satu tempat yang diberi tajuk journalist Bootcamp 2023," jelasnya saat pertemuan di gedung BRILian Center, Jumat (27/1) malam.

 

 

Ia berharap ajang pertemuan ini bisa digelar rutin, minimal enam bulan sekali. Sehingga para penerima beasiswa di setiap batch-nya bisa saling bertukar informasi yang bermanfaat.

 

 

"Saya berharap pertemuan ini bisa menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh penerima beasiswa program master S2," tegasnya.

 

 

Sementara itu, Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto saat malam keakraban bersama jurnalis menjelaskan, banyak capaian yang telah didapat BRI hingga penghujung tahun 2022 lalu.

 

 

Diantaranya, berhasil meraup laba Rp 39,31 triliun dalam waktu 9 bulan. 

 

 

"Ditengah kondisi perekonomian dunia yang penuh tantangan, BRI mampu menjaga fundamental kinerja keuangan yang positif, dengan tetap fokus pada core business (UMKM), kualitas asset yang terjaga dengan prudent, serta likuiditas yang memadai," kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Humas BUMN ini.  

 

 

Ditambahkan, BRI juga berhasil memborong lebih dari 170 penghargaan dan BRI mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari berbagai lembaga melalui capaian sebanyak 170 penghargaan baik dari domestik (141) maupun internasional (29).

 

 

Selain itu, BRI juga mempertahankan predikat “World’s Largest Public Companies in Indonesia” & Naik Peringkat. BRI menempati peringkat ke 1 perusahaan terbesar di Indonesia, dan ranking ke 349 dunia atau naik peringkat dari urutan ke-362 pada tahun lalu.

 

 

"Kontribusi BRI terhadap penerimaan negara mencapai Rp 26,5 t ditahun 2022 dan Rp 136,5 t pada 5 tahun terakhir," jelasnya.   

 

 

Aestika juga menjelaskan, BRI melakukan restrukturisasi kredit COVID-19 untuk menyelamatkan bisnis UMKM dengan posisi tertinggi sebesar 3,9 juta nasabah pada September 2020 dengan nilai Rp.256,1 triliun.

BACA JUGA:Mutasi, Ini Dia Nama 31 Pejabat Yang Dilantik Bupati Mian

 

 

Restrukturisasi kredit di BRI terus melandai seiring pemulihan ekonomi terjadi. Posisi pada kuartal III-2022, restrukturiasi kredit di BRI telah menurun menjadi Rp 116,45 triliun.

 

Ditambahkan, BRI juga membuat program Desa BRILian yang merupakan program inkubasi yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa

 

 

"Hingga Desember 2022, BRI telah memberdayakan lebih dari 2.182 Desa BRILiaN di seluruh Indonesia, dimana 425 diantaranya adalah desa wisata," jelasnya.  

 

 

Diterangkan dia, selain membantu UMKM, BRI sepanjang tahun 2022 juga rutin menyalurkan bantuan pendidikan kepada 30 sekolah di seluruh Indonesia dengan total uang Rp 30 miliar. Salahsatunya membantu pendanaan renovasi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Badriyah Bogor. 

BACA JUGA:SMAN 1 BU Gelar Pentas Seni Terbuka, Ajang Kreativitas Siswa

 

Selain memberikan dana pembangunan sekolah, BRI juga memberikan makanan dan perlengkapan sekolah kepada para siswa Madrasah Ibtidaiyah dengan harapan dapat membantu perkembangan pendidikan di Indonesia.

 

 

"Jadi BRI itu tidak hanya membantu pelaku UMKM dan bisnis saja, tapi BRI juga peduli dengan dunia pendidikan di Indonesia," pungkas Aestika. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: