Sampah Pantai Panjang Numpuk, Komitmen Pokdarwis Disinggung

Sampah Pantai Panjang Numpuk,  Komitmen Pokdarwis Disinggung

Sampah batok kelapa menumpuk di kawasan wisata Pantai Panjang-Windi-

RADARBENGKULUONLINE.COM, DISWAY.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah membentuk tim rencana penataan kawasan Pantai Panjang yang sudah menjadi kewenangan provinsi. Namun untuk saat ini pengelolan Pantai Panjang diserahkan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang telah dibentuk. 

 

 

BACA JUGA:Isi BBM Subsidi 6 Februari Wajib Lengkapi Ini

Termasuk sampah di Pantai Panjang menjadi tanggungjawab pedagang yang tergabung dalam Pokdarwis.

 

 

 

BACA JUGA:Jenguk Rahimandani, Gubernur: Kondisi Sehat, Keluarga Tetap Tenang Jangan Berspekulasi

Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Bengkulu Drs. Khairil, M.Si menyampaikan, berdasarkan keputusan gubernur untuk leading sektor adalah Dinas Pariwisata namun tetap semua OPD memilik tanggungjawab.

 

 

 

 

Kemudian untuk pengelolaan seperti sampah, dari hasil rapat di Dinas Pariwisata disepakati pengelolaan dengan memberdayakan Pokdarwis.

 

 

 

 

“Pengelola sampah dikelola oleh Pokdarwis agar lebih mudah koordinasi sesama-sama pedagang. Selain itu, kita ingin memberdayakan pelaku usaha melalui Pokdarwis karena mereka telibat langsung,” ujarnya.

 

 

 

BACA JUGA: Bupati Kaur Lismidianto Ikut Melihat Operasi Korban Penembakan Balon DPD RI, Ini Responnya

 

Lanjutnya, untuk mekanisme antara Dinas Pariwisata dan Pokdarwis seperti apa silahkan diatur namun yang paling penting bagi Pemprov kebersihan Pantai Panjang tetap terjaga. 

 

 

 

 

Selain itu, pengelolaan oleh Pokdarwis juga akan dilakukan evaluasi untuk melihat sejauh mana pengelolaan dan hasil di lapangan.

 

 

 

Karena dalam isi perjanjian telah dibuat akan dievaluasi.

 

 

 

“Kalaua evaluasi pasti baik per tiga bulan ataupun evaluasi secara rutin tetap rencana kita akan dievaluasi per tiga bulan. Jadi jika tidak sesuai dengan perjanjian tentu ada teguran dan kontrak bisa kita putuskan,” terangnya.

 

 

 

 

Namun diakuinya pengelolaan Pantai Panjang oleh Pokdarwis sampai saat masih terus berproses untu lebih baik. ia juga berharap semua pihak ikut menjaga aikon Provinsi Bengkulu tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: