Banyak Lampu Jalan Mati, Penyebabnya Bikin Kamu Kesal

Banyak Lampu Jalan Mati, Penyebabnya Bikin Kamu Kesal

Petugas sedang memperbaiki Lampu Jalan yang mati -Ronal-

 

RADARBENGKULU, DISWAY.ID – Akhir - akhir ini banyak lampu jalan yang mati, sehingga kondisi jalan di malam hari menjadi gelap dan mencekam. Lampu jalan yang mati tersebut di jalan utama kota bengkulu.  

 

 

Kurun waktu sebulan ini, sudah banyak kabel PJU hilang dari kotak kontrolnya. Temuan kabel hilang berdasarkan laporan dari petugas saat patroli pengecekkan rutin kondisi PJU di Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Caleg Wajib Tahu, DPS Terbanyak di Kota Bengkulu, Terdikit di Kabupaten Lebong Tidak Sampai 100 Ribu Pemilih

 

 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bengkulu Hendri Kurniawan membenarkan kabar soal dugaan pencurian kabel penerangan jalan umum (PJU) di Kota Bengkulu.

 

 

Hendri mengatakan ada temuan dibeberapa titik yang kabel PJU nya telah dicuri oknum tak bertanggung jawab, sehingga membuat lampu tersebut mati.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin: Buku Ini Benar - Benar Tentang Peran Perempuan dan Kelihatan Hasilnya

 

 

“Kabel LPTC di PJU kita banyak yang dicuri. Terindikasi pencurian itu dilakukan pada siang hari saat lampu mati, jaringan tidak ada aliran listrik, disitulah kemungkinan ditarik ataupun dicuri dari kotak kontrolnya. Jadi lampunya ada, kabel di dalam tiang kosong,” ungkapnya. 

 

 

Hendri juga menjelaskan lokasi-lokasi yang teridentifikasi kabel PJU nya dicuri. “Beberapa lokasi sudah teridentifikasi yakni Tuguhiu, sepanjang jalan Citandui, Benteng Marlborough, dan di depan gereja St Yohanes,” jelasnya. 

BACA JUGA:UJH: Malam Nujuh Likur Menurut Penjelasan dan Pengalaman Para Ulama Terdahulu

 

 

Atas temuan ini, Dishub mengajak masyarakat berperan aktif menjaga PJU di wilayahnya. Hal ini dikarenakan keterbatasan SDM di Perhubungan, dan tak memungkinkan petugas memantau keseluruhan, apalagi dengan luasnya wilayah Kota Bengkulu. 

 

 

“Kami berharap masyarakat juga ikut berperan serta menjaga PJU di wilayahnya, dan apabila ada oknum dicurigai mengganggu PJU selain petugas tolong dilaporkan. Karena kalau petugas kita itu ada ID dan baju khusus yang berbeda dengan masyarakat umum,” ujarnya. 

BACA JUGA:Senangnya, BSI Berangkatkan 619 Peserta Mudik Bareng BUMN, Ada Bus Khusus Disabilitas

 

 

“Maka itu, apabila warga melihat atau menemukannya tolong ditegur, bila perlu laporkan ke RT, RW atau kelurahan setempat agar kami bisa menindaklanjuti dan menangkap oknum tersebut nantinya,” tambahnya. 

 

 

Disamping itu, Hendri juga menjelaskan bahwasannya petugas dari Dishub rutin melakukan pengecekan PJU di Kota Bengkulu. “Ada 2 petugas kita setiap hari rutin mengecek. Tapi karena luasnya kota ini mereka juga kewalahan. Untuk itu kami berharap partisipasi masyarakat,” pungkasnya.

BACA JUGA:Kamu Berminat Jadi Angota Bawaslu? Berikut Nama Timsel Bawaslu 8 Kabupaten/ 1 Kota

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: