Pemdes Batu Lambang Lakukan Rehab Siring Pasang

Pemdes Batu Lambang Lakukan Rehab Siring Pasang

Kades Batu Lambang, Evan Saputra,SE -Fahmi-

MANNA, RADARBENGKULU.DISWAY.ID -  Pemerintah Desa Batu Lambang, sesuai dengan hasil Musyawarah Desa Khsusus (Musdesus) akan melaksanakan perehaban siring pasang,untuk ketahanan pangan yang dimanfaatkan untuk perairan persawahan dan perkebunan, pemberian BLT.

 

 

 

Kepala Desa Batu Lambang Evan Saputra,SE bahwa perehaban siring ini dilakukan karena sudah sangat rusak. Kemudian, tidak bisa lagi menampung air,sehingga persawahan dan perkebunan yang berada di ujung siring tidak mendapatkan air, yang artinya untuk daerah persawahan nantinya akan berkurang karena lahan dialihfungsikan.

 

 

 

"Untuk perehapan siring ini dilakukan sepanjang kurang lebih 130 meter. Air siring tersebut berasal dari luapan Air Tebat Gelumpai. Kalau nantinya siring tersebut sudah diperbaiki, tidak ada lagi yang bocor. Biasanya petani kami ini dalam satu tahun melakukan musim tanam sebanyak tiga kali. Karena, tidak tergantung curah hujan,"ucap Evan diruangannya Selasa(23/050.

 

 

 

Utuk dataran sawah dan perkebunan yang ada diwilayah Batu Lambang sebanyak 25 hektar,yang mana aliran siring irigasinya terbagi menjadi dua bagian. Ada yang berasal dari luapan air Tebat Gelumpai dan satu lagi dari Air Melao. Sehingga petani bisa melakukan musim tanam dua kali padi,satu kali jagung.

 

 

 

Dengan harapan nantinya,tidak ada lagi keluhan yang dirasakan oleh petani untuk pengerjaan perehaban siring tersebut. Pemerintah Desa mempekerjakan masyarakat petani tersebut,dengan didampingi pekerja yang profesional. Dengan begitu, pemerintah berharap perehaban ini nantinya bisa dilakukan sebaik mungkin.

 

 

 

Yang jelas, Pemerintah Desa meminta kualitas perehaban siring ini harus bagus. Sehingga nantinya penggunaan DD tidak harus bergulir kepada satu titik saja. Dengan setiap tahun melakukan perehapan,bisa dialihkan kepada pembangunan yang lain.

 

 

 

"Yang jelas kami berharap dengan perehaban siring,petani bisa mendapatkan air. Sehingga bisa melakukan musim tanam. Petani mempunyai penghasilan dan lahan yang dimiliki tidak menjadi lahan tidur,"pungkas Evan.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Perintahkan Satpol PP Tertibkan Spanduk Merusak Pemandangan dan Melanggar Aturan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: