Desa Batu Lambang Beli Alat-Alat Pertanian untuk Masyarakat

Desa Batu Lambang Beli Alat-Alat Pertanian untuk  Masyarakat

Kades Batu Lambang,Evan Saputra,SE-Fahmi-

MANNA, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Pemerintah Desa Batu Lambang  membelikan alat pertanian untuk masyarakat petani. Pembelian peralatan ini adalah menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2023. Ini sesuai hasil Musyawarah Khusus Desa (Musdesus) untuk program ketahanan pangan masyarakat.

 

 

 

 

Kepala Desa Batu Lambang, Evan Saputra,SE mengatakan, pembelian alat pertanian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian.

Kemudian,  menambah penghasilan dengan menghemat biaya dan tenaga yang dikeluarkan oleh petani.

BACA JUGA:Pengembalian KN Kasus BPNT Sudah 66 Persen, Saksi S Paling Besar, Ini Penampakan Saat Penyerahan

 

 

 

"Adapun alat yang kita belikan untuk para petani yang saat ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) seperti traktor kecil, alat penanam jagung, mesin rumput. Nantinya petani cukup membayar upah pinjam pakai alat. Bukan berarti alat tersebut hibah, tetapi hanya pengelolaan alat tersebut yang diberikan kepada BUMDes,"ujar Evan.

BACA JUGA:Pegawai Lapas Arga Makmur Ikut Pembinaan Fisik, Mental, Disiplin

 

 

 

Nantinya petani cukup mengajukan surat ke BUMDes melalui Pemerintah Desa untuk melakukan peminjaman alat tersebut. Dengan konsekuensi, apabila alat tersebut rusak, maka yang harus mengganti kerugian adalah peminjam.

Alat tersebut diperuntukan bagi masyarakat  Batu Lambang. Tetapi, bisa juga digunakan oleh masyarakat Batu Kuning. Statusnya nanti pinjam pakai. Bahkan ditahun 2022, pihaknya juga sudah membeli alat perontok jagung.

 

 

 

"Intinya, kita akan mempermudah masyarakat petani dalam menggarap lahannya. Apabila nantinya  masih ada  alat pertanian yang kurang, masyarakat bisa mengusulkan kembali pada Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) selanjutnya sebelum disahkan,"pungkas Evan.

BACA JUGA:Menyentuh Sekali, Ucapan Bupati Gusnan Mulyadi Ini Penuh Motivasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: