Poktan Desa Rindu Hati dan Mahasiswa Fakultas Pertanian Kembangkan Kopi Robusta

Poktan Desa Rindu Hati dan Mahasiswa Fakultas Pertanian Kembangkan Kopi Robusta

Kopi petani di Bengkulu Tengah siap untuk dipanen-Agus-radarbengkulu.disway.id

RADARBENGKULU,DISWAY.ID - Besarnya potensi perkebunan di Kabupaten Benteng harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Benteng.

 

Untuk mengembangkan potensi tersebut tentu harus bersinergi dengan pihak lain.

 

Seperti yang dilakukan oleh kelompok tani (Poktan) kopi Desa Rindu Hati, Kecamatan Taba Penanjung yang melakukan kerjasama dengan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu dalam upaya mengembangkan produksi kopi jenis robusta di Desa Rindu Hati.

 

Tokoh masyarakat desa Rindu Hati, Sutan Muklis menjelaskan, bentuk pengembangan mendukung produksi kopi ini yaitu dengan membangun rumah pengeringan dan tempat pembibitan. 

BACA JUGA:Astaga, Gas Elpiji 3 Kg Dijual 45 Ribu?

 

"Penyediaan ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi datangnya musim penghujan," terangnya.

 

"Kalau musim hujan tiba, petani kopi didesa kami masih bisa menjemur hasil kebunnya. Sehingga produktifitasya tetap terjaga," tambahnya.

 

Tak hanya itu, guna menghasilkan biji kopi yang berkualitas tinggi. Kelompok tani desa Rindu Hati juga belajar mengelola pupuk kompos.

BACA JUGA:Festival Tabut Sebabkan Gas Elpiji 3 Kilogram Langka?

 

"Dengan adanya kerjasama ini, masyarakat menjadi tahu bagaimana mengelola pupuk kompos dan pengembangan bibit kopi untuk menghasilkan biji kopi yang berkualitas," terangnya. (ags)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: