Festival Tabut Sebabkan Gas Elpiji 3 Kilogram Langka?

Festival Tabut Sebabkan Gas Elpiji 3 Kilogram Langka?

Warga saat antri beli gas elpiji 3 kilogram-Windi Junius-


RADARBENGKULU, DISWAY. ID - Masyarakat Kota Bengkulu beberapa hari ini menjerit, khususnya kalangan emak-emak. Hal ini terjadi lantaran gas Elpiji 3 Kilogram langka dan seakan menghilang dari peredaran.



Menyikapi hal ini  Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagrin) Kota Bengkulu melakukan pemantauan dan pengawasan distribusi gas LPG 3 Kilogram di berbagai pangkalan.

BACA JUGA:Ada yang Mengeluh, Bupati Minta Warga Mampu Jangan Lagi Gunakan Gas Elpiji 3 Kg



Hasil pemantauan diketahui langkanya ketersediaan isi ulang gas LPG 3 Kilogram di Kota Bengkulu bukan disebabkan pengurangan pasokan, melainkan ada penyesuaian pendistribusian melalui aplikasi MyPertamina.



Kabid Pengembangan Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian ( Disperdagrin ) Kota Bengkulu, Erika Ariesanti usai melakukan pemantauan dan pengawasan distribusi gas LPG 3 Kilogram di berbagai pangkalan.

BACA JUGA:Kenaikan Harga Gas Elpiji 3 Kg Dikeluhkan Warga Seluma



“Setelah kami melakukan pengecekan di pangkalan. Pangkalan masih menerima pasokan distribusi gas elpiji dari agen sesuai dengan kuota yang telah ditentukan dan tidak mengalami pengurangan,” ujarnya, Rabu (26)



Lebih lanjut, Erika menjelaskan ada beberapa kemungkinan kelangkaan gas yang terjadi baru baru ini, diantaranya karena saat ini harus melalui aplikasi dari Pertamina.

BACA JUGA:Bantuan Gas Elpiji Gubernur Bengkulu Disalurkan



“Pertama pembelian gas elpiji 3 Kilogram harus melalui aplikasi dari Pertamina. Jadi masyarakat harus mendaftarkan terlebih dahulu NIK mereka melalui aplikasi tersebut. Apabila sudah terdaftar maka pihak pangkalan bisa melakukan transaksi pembelian gas kepada masyarakat,” jelasnya.



“Masyarakat nanti dijatah berdasarkan aplikasi untuk kebutuhan rumah tangga hanya satu tabung gas, sementara untuk kebutuhan UMKM memperoleh dua tabung,” sambungnya.

BACA JUGA:Ini Kriteria Calon Penerina Bantuan Tabung Gas Elpiji 3 KG Pemprov Bengkulu, Apakah Kamu Layak?



Kedua, Erika juga menemukan banyaknya pembeli dari luar wilayah, dalam hal ini bukanlah warga sekitar pangkalan. Ketiga yakni distribusi gas elpiji 3 Kilogram atau gas melon hanya pada hari kerja, ketika hari libur atau tanggal merah tak ada lagi pendistribusian.



Ke empat Disperdagrin juga menduga Festival Tabut menjadi salah satu faktornya. Pasalnya pada festival ini banyak muncul pedagang musiman, sehingga kebutuhan akan gas 3 Kg meningkat akhir-akhir ini. “Diprediksi pekan depan kondisi akan kembali normal setelah festival tabut selesai,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: