Mau Sehat? Pakai Ramuan ini Agar Paru-Paru Kamu Bersih

Mau Sehat? Pakai Ramuan ini Agar Paru-Paru Kamu Bersih

Ilustrasi minuman yang bisa membersihkan paru-paru-Ist-radarbengkulu.disway.id

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung Epigallocatechin gallate (EGCG), yakni senyawa yang bekerja sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Itu bisa menghambat fibrosis paru dan jaringan parut (luka).

Dalam sebuah studi kecil pada 2020 menunjukkan pengobatan ekstrak EGCG yang dilakukan selama 2 minggu bisa mengurangi gejala fibrosis. Penyakit itu ditandai dengan jaringan parut progresif yang mengganggu fungsi paru-paru.

 

5. Yogurt

Yogurt kaya akan kalsium, potasium, fosfor, dan selenium. Sebuah penelitian menyebut nutrisi dalam yogurt dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan melindungi dari risiko PPOK.

Studi lain yang dilakukan kepada remaja di Jepang menyebut kalsium, potasium, fosfor, dan selenium yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan fungsi paru-paru dan tinggi kalsium yang dapat mengurangi risiko PPOK sebanyak 35 persen.

 

6. Kopi

Dalam sebuah penelitian menyebutkan, dengan mengkonsumsi kopi bisa meningkatkan fungsi paru-paru dan melindungi dari penyakit pernapasan lainnya.

Sebuah studi juga menyebut kopi dikaitkan dengan efek positif kepada fungsi paru yakni mengurangi risiko asma.

 

7. Cokelat Hitam

Cocoa atau cacao merupakan produk seperti cokelat hitam yang tinggi antioksidan flavonoid dan mengandung senyawa yang disebut theobromine. Senyawa tersebut membantu udara yang ada dalam paru menjadi relax.

Jenis makanan ini juga kerap dikaitkan untuk mengurangi risiko alergi pernapasan dan membantu mencegah kanker paru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id