Harus Campur Tangan Banyak Pihak, BKKBN Ajak APDESI Berkolaborasi Turunkan Stunting

Harus Campur Tangan Banyak Pihak, BKKBN Ajak APDESI Berkolaborasi Turunkan Stunting

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu, M.Iqbal Apriansyah, SH,M.P.H-adit/ist-radarbengkulu.disway.id

 

APDESI dapat mengambil peran intervensi sensitif dengan ikut mensosialisasikan perubahan sikap dan perilaku masyarakat di lingkungan desa. Penanganan stunting di desa dapat dilakukan dengan pelaksanaan pembangunan/rehabilitasi Poskesdes/Polindes dan Posyandu.

Konseling dan penyediaan makanan sehat untuk peningkatan gizi balita, perawatan kesehatan untuk ibu hamil dan menyusui, pembangunan sanitasi dan air bersih, pembangunan MCK, pelatihan dan pembinaan kader.

 

Kampanye pencegahan stunting di Bengkulu Selatan itu digelar dalam rangka peninjauan normalisasi aliran Irigasi Air Nipis di Desa Babatan Ilir, Kecamatan Seginim.

Kegiatan yang hadiri Wakil Bupati Bengkulu Selatan Rifa'i Tajudin, Wakil Gubernur Bengkulu Dr. Rosjonsyah, Anggota Komisi IX DPR RI Elva Hartati,S.IP,MM, Kepala DP3APPKB Bengkulu Selatan Fery Kusnadi, SE.

 


Suasana kampanye pencegahan stunting di Bengkulu Selatan yang digelar dalam rangka peninjauan normalisasi aliran Irigasi Air Nipis di Desa Babatan Ilir, Kecamatan Seginim-adit/ist-radarbengkulu.disway.id

 

Wabup mengatakan, normalisasi aliran irigasi salah satu sarana dalam upaya pencegahan potensi risiko kekurangan gizi bagi masyarakat.

Tentunya hal itu melalui peningkatan hasil produksi pertanian, perkebunan dan budidaya ternak ikan kolam air tawar. Selain itu, pemerintah desa melalui peran dan kebijakannya dapat menggunakan dana desa dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat desa.

 

Aliran irigasi akan menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar. Karena, terdapat 5.000 hektare lahan persawahan, 400 pengusahan budidaya kolam ikan tawar serta perkebunan tanaman palawija. Dengan normalnya aliran air ke masyarakat, maka mampu berkontribusi dalam pencegahan stunting. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id