Mau Buka Kebun Baru, Masyarakat Diimbau Jangan Bakar Lahan, Api Mudah Membakar dan Menjalar

Mau Buka Kebun Baru, Masyarakat Diimbau Jangan Bakar Lahan, Api Mudah Membakar dan Menjalar

Petugas dari Damkar Benteng berjibaku memadamkan kobaran api di lahan Desa Pekik Nyaring, Kecamatan Pondok Kelapa, Sabtu (16/9) malam-Agus-radarbengkulu.disway.id

 

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - BPBD Kabupaten Benteng mengimbau masyarakat agar tidak membakar lahan untuk membuka kebun baru pada musim kemarau.

BACA JUGA:Geger, Warga Tangkap Ular Phyton Besar

 

Mengapa demikian? Pasalnya, dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan. Seperti yang terjadi disejumlah wilayah di Kabupaten Benteng dalam beberapa minggu terakhir. Seperti kebakaran lahan di desa Nakau, Kecamatan Talang Empat. Kebakaran lahan di desa Pondok Kubang, Kecamatan Pondok Kubang. Terbaru, kebakaran lahan yang terjadi di Desa Pekik Nyaring, Kecamatan Pondok Kelapa, Sabtu (16/9) malam.

BACA JUGA:Sudah Dibahas, Pembukaan Jalur Penerbangan Bengkulu – Batam – Padang – Palembang, Sedang Diupayakan

 

"Kita mengimbau masyarakat bila membuka kebun baru tidak membakar lahan. Karena dapat menyebabkan hutan terbakar," terang Kepala BPBD Benteng, Samsul Bahri.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Seleksi PPPK Bengkulu Dimulai, Ada 748 Formasi

 

Sementara itu, jika warga membuka kebun baru dengan membakar lahan, dikhawatirkan hutan di sekitarnya akan ikut terbakar. Sebab, pada musim kemarau daun yang jatuh ke tanah dalam keadaan kering sehingga jika ada percikan api sedikit saja langsung terbakar.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Seleksi PPPK Bengkulu Dimulai, Ada 748 Formasi

 

"Jika ada yang sengaja membakar lahan pada musim kemarau dan menyebabkan kebakaran hutan bisa terkena sanksi tegas sesuai hukum yang berlaku," tegasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id