Tercatat Jejak Digital,Sosok Ini Cetuskan Ide DBH Sawit 12 Tahun Silam di Era SBY, Terealisasi Era Jokowi

Tercatat Jejak Digital,Sosok Ini Cetuskan Ide DBH Sawit 12 Tahun Silam di Era SBY, Terealisasi Era Jokowi

Harry Azhar Azis menyarankan kepala daerah mengusulkan DBH sawit-Ist-

 

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Jejak digital menyimpan nama sosok yang mencetuskan ide dan menyarankan kepala daerah mengusulkan dana bagi hasil (DBH) sawit pada 12 tahun silam, atau di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. 

Dari catatan jejak digital, sosok yang menyarankan kepala daerah yang daerahnya penghasil sawit meminta jatah DBH sawit kepada pemerintah pusat adalah seorang ekonom, akademisi, dan juga politisi. 

Ia menyampaikan saran itu pada tahun 2011 lalu, atau dimasa kekuasaan Presiden SBY. Setelah 12 tahun, akhirnya DBH sawit disetujui di era Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yakni tahun 2023. 

Pada tahun 2023 ini, sebanyak 30 Provinsi dan 320 kabupaten/kota mendapat tambahan transfer keuangan dari pemerintah pusat berupa DBH sawit. 

Kendati demikian, masih ada kepala daerah yang merasa belum puas dengan alokasi DBH sawit yang diterima. Lantaran dianggap belum sesuai atau tidak sebanding dengan pemasukan negara yang diterima dari sektor perkebunan sawit. 

Belasan tahun sebelum pemerintah pusat menyetujui alokasi DBH sawit, ternyata sosok ini memiliki ide dan menyarankan kepala daerah meminta jatah DBH Sawit. 

BACA JUGA:5 Kabupaten Penerima Dana Bagi Hasil Sawit Terbesar di Atas Rp 30 Miliar, Monggo Cek, Daerah Kalian Bukan?

Dikutip dari disbun.kaltimprov.go.id pada tahun 2011 lalu, sosok Harry Azhar Azis menyarankan kepala daerah memintah jatah DBH sawit kepada pemerintah pusat. 

Kala itu Harry Azhar Azis menjabat Wakil Ketua Komisi XI DPR RI. Ia menyampaikan gagasan itu saat melakukan kunjungan kerja di Provinsi Riau. 

BACA JUGA:Ini Provinsi Raja Sawit di Indonesia, Ternyata Bukan di Pulau Kalimantan

Harry Azhar Azis menyarankan kepala daerah mengusulkan DBH sawit karena sektor kelapa sawit menjadi sumber pendapatan negara yang cukup besar. 

Kala itu, ia membandingkan DBH minyak bumi dan gas yang bisa diperoleh daerah penghasil. Sementara, daerah penghasil sawit belum mendapat DBH sawit. 

Siapa sebenarnya sosok Harry Azhar Azis ini, selain ia seorang politisi? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id