Tahukah Kamu ? Alat KB Terfavorit Orang Bengkulu

Tahukah Kamu ? Alat KB Terfavorit Orang Bengkulu

alat KB favorit masyarakat-ist-

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Tahukah kamu alat atau cara ber KB tervaforit orang Bengkulu apa ? Apa pilihan terbanyak hingga Juli 2023 ini ? Sejatinya ada beragam alat kontrasepsi yang didapat di layanan rumah sakit, puskesmas atau dijual bebas di apotek. Diantaranya yakni kondom, pil KB, IUD, Suntik KB, Tubektomi, KB Implan dan vasektomi. Dari berbagai macam alat kontrasepsi itu, tercatat ada yang paling banyak digunakan atau menjadi favorit di Bengkulu.

Apa saja urutannya ? Berdasarkan data dari BPS Provinsi Bengkulu, dari data jumlah pasangan usia subur dan peserta KB aktif menurut kabupaten Kota di Bengkulu 2022 yakni, 

- KB Suntik sebanyak 149.538

- implant 63.172

- Pil 43.299

- Kondom 10.289.

BACA JUGA:Ada 9. 437 Masyarakat Bengkulu Ikut Program KB, Data Ini Terus Meningkat

Sementara itu, Peserta KB baru menurut alat kontrasepsi  s.d bulan Juli 2023 yakni KB suntik menjadi favorit. Tercatat pada bulan Juli 2023 ada 4.870 peserta KB baru memilih suntik. Pada urutan kedua yakni impant dengan data pada bulan Juli 2.061, lalu disusul Pil KB 1.320 peserta baru. Berdasarjkan data juga, orang Kabapuaten Rejang Lebong terbanyak menggunakan KB suntik pada bulan Juli. Disusul Kepahiang dan Kaur pada urutan terbanyak ketiga.

Untuk diketahui pula bahwa pasangan usia subur yang telah menikah wajib menggunakan salah satu alat kontrasepsi. Apa gunanya ? ya untuk menunda dan mengatur jarak kelahiran untuk menuju keluarga berencana bahagia.

BACA JUGA:Cegah Stunting, Kepala BKKBN Bengkulu Bertemu Tiga Tokoh Pengambil Kebijakan di Kabupaten Kaur, Ini Hasilnya

 Secara nasional, merujuk data dari kementerian kesehatan Direktorat Jendereal Pelayanan Kesehatan menyebut pil KB menjadi alat kontrasepsi yang paling favorit alias yang paling sering digunakan dalam rangka menunda kehamilan. Kemudian menempati alat kontrasepsi favorit yang digunakan yakni kondom pria dan suntik. Lalu implan dan IUD. Sedangkan jumlah peserta KB aktif 369244. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id