Mengapa Kita Beribadah Kepada Allah SWT?

Mengapa Kita Beribadah Kepada Allah SWT?

Yurlan Hamidi, M.Pd.I-Adam-RADARBENGKULU

 

RADARBENGKULU - Kaum muslimin yang dimuliakan Allah Swt, untuk Khutbah Jumat  ini redaksi menurunkan judul Tentang Mengapa Kita Beribadah kepada Allah Swt?

Materi ini ditulis  Yurlan Hamidi  M.Pd.I. Ia adalah Penyuluh Ahli Madya Agama Islam dan Khotib Masjid Al Malik Jalan Sungai Rupat 10 Kota Bengkulu.

 

Khutbah Jumat ini akan disampaikannya di Masjid Besar Al-Amin, Jalan RE Martadinata Kelurahan Kandang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Apa isi khutbahnya, silahkan baca langsung tulisannya di bawah ini. Semoga ada manfaatnya.

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Hadirin sidang Jumat rahimakumullah

Untuk memantapkan keyakinan kita bahwa seluruh ibadah itu pasti berdampak positif bagi manusia, ada baiknya kita mencoba mencari tahu dari pertanyaan, Mengapa kita beribadah

   

Pertama kita  diciptakan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Kaum muslimin jamaah Jumat rahimakumullah,

Allah berfirman dalam Q.S. adz-Dzaariyat 56 yang artinya,  ''Aku tidak menciptakan Jin dan manusia kecuali untuk beribadah Allah.''

Redaksi ayat tersebut para ulama tafsir ada 2 pemahaman:

  - Merupakan tujuan satu-satunya pencipta jin dan manusia untuk beribadah.

  - Ibadah merupakan tujuan utama diciptakan manusia, sehingga tetap berlaku kewajiban ibadah dalam keadaan bagaimanapun.

 

Dalam hadits qudsi  yang artinya : ''Sesungguhnya Allah ta'alah berfirman, wahai anak Adam ! Beribadahlah sepenuhnya kepadaKu niscaya aku penuhi (hatimu yang ada) didalam dada dengan keyakinan dan aku penuhi kebutuhan mu, jika tidak kalian lakukan niscaya aku penuhi tanganmu dengan kesibukan dan tidak aku penuhi kebutuhan mu (kepada manusia). (HR Ahmad dan Tirmidzi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu