Bisakah Daun Talas Dibuat Tembakau? Berikut Penjelasannya

Bisakah Daun Talas Dibuat Tembakau? Berikut Penjelasannya

pengolahan daun talas menjadi tembakau-ist-

RADAR BENGKULU - Bisakah daun talas dibuat menjadi tembakau? Pertanyaan ini muncul karena makin mahalnya harga rokok yang dijual di pasaran. Akibat harga rokok mahal membuat para penikmat tembakau memutar otaknya untuk berhemat tapi tetap bisa merokok.

 

Nah, Kali ini kita tidak mengulas soal mahalnya atau bagimana pasar tembakau, dalam artikel ini kita akan menginformasikan jenis tembakau dari daun talas. Pernah mendengarnya atau bahkan pernah mencoba rokok tembakau dari daun talas. Benarkah sudah ada tembakau dari daun talas?

 

Sebab saat ini sudah banyak yang menjual berbagai jenis tembakau dan berbagai macam rasa disediakan. Apakah salah satunya tembakau daun talas?  

BACA JUGA:Cara Membuat Tembakau Daun Talas Beneng, Pelajari Tahapannya

Ternyata, dibeberapa provinsi di Indonesia, Daun Talas Beneng sudah banyak diproduksi oleh kelompok petani atau koperasi untuk dijadikan tembakau.

 

Seperti yang dikutip dari laman Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kendal Jawa Tengah, tanaman talas beneng digunakan untuk bahan baku rokok. 

 

Untuk proses pengolahan daun talas hampir sama dengan daun tembakau. Dimulai dengan Pemetikan, Pengikatan, Pematangan Daun, Penyortiran, Perajangan, Nganjang, Penjemuran , Ngayar.

BACA JUGA:5 Jenis obat herbal tradisional ini pereda batuk dan filek pada balita

Tak hanya itu di daerah Temanggung sudah banyak yang mengolah olahan tersebut, begitu juga di Provinsi Lampung. Dengan pengelolaan daun Talas dijadikan tembakau tentu akan menambah penghasilan bagi petani daun Talas yang mana selama ini hanya umbinya di kelola ke beberapa produksi makanan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar bengkulu