FTBI Wujudkan TRIGATRA, Utamakan bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan Kuasai Bahasa Asing

FTBI Wujudkan TRIGATRA, Utamakan bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan Kuasai Bahasa Asing

Foto bersama disela-sela kegiatan-Agus-radarbengkulu

 

RADAR BENGKULU - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) dalam rangka memperingati Bulan Bahasa 2023 di Pendopo Bukit Kandis Bengkulu Tengah.

 

Acara kemarin dibuka Sekretaris Daerah Bengkulu Tengah, Drs.Rachmat Riyanto,ST,M.AP, dan dihadiri oleh Perwakilan Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Widyabasa Ahli Muda Hellen Astria,S.Pd, Plt Kepala Dikbud Benteng Edon Siregar,S.Pd,MH, Ketua PGRI Bengkulu Tengah, serta jajaran lainnya.

 

Sementara itu, dalam sambutannya Sekretaris Daerah, Rachmat Riyanto menyampaikan bahwa FTBI ini adalah puncak dari Revitalisasi Bahasa Daerah yang merupakan Program Merdeka Belajar. 

BACA JUGA:Begini Sejarah Hari Santri Nasional yang Wajib Kamu Ketahui, Berjuang Merebut Kemerdekaan dalam Resolusi Jihad

Menurutnya, bahasa ibu menjadi dasar sarana komunikasi terhadap lingkungan sekitar.

 

"Kita dapat mengumpulkan siswa-siswi kita dalam pelaksanaan festival setelah covid 19 yang menghadang seluruh kegiatan di beberapa tahun terakhir ini. Apresiasi saya berikan kepada seluruh jajaran Dikbud Bengkulu Tengah atas terlaksanakannya kegiatan FTBI ini," katanya. 

 

Sementara itu, ia berharap agenda-agenda selanjutnya dapat terlaksana, sehingga menjadikan seluruh kegiatan terkhususnya di bidang pendidikan dapat berkembang dan menjadikan peserta didik dari Kabupaten Bengkulu Tengah yang berkualitas, kreatif serta inovatif. 

BACA JUGA: Doa Warga Mukomoko Langsung Diijabah Allah Swt, Saat Khutbah dan Doa Solat Istisqa Berlangsung Turun Hujan

"Diharapkan untuk slogan Trigatra Bangun Bahasa, yaitu utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa Daerah dan kuasai bahasa asing  dapat selalu menjadi pedoman  dalam berbahasa," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: