Begini Sejarah Hari Santri Nasional yang Wajib Kamu Ketahui, Berjuang Merebut Kemerdekaan dalam Resolusi Jihad

Begini Sejarah Hari Santri Nasional yang Wajib Kamu Ketahui, Berjuang Merebut Kemerdekaan dalam Resolusi Jihad

KH Hasyim Asy’ari resolusi jihad dan sejarah hari santri nasional-Ist-

 

RADAR BENGKULU - Pada tanggal 22 oktober diperingati sebagai hari Santri nasional. Hal ini merupakan momen penting untuk mengingat, mengenang juga meneladani perjuangan  kaum santri dalam merebut kemerdekaan indonesia. 

 

Nah sobat, sebagai anak santri, anda wajib tahu dan paham mengenai sejarahnya hari santri nasional. Yuk simak sejarahnya dibawah ini!

 

Mengutip dari kaltim today, Hari santri nasional mempunyai latar belakang yang berkaitan erat dengan peristiwa pahlawan, KH Hasyim Asy’ari yang membacakan seruan berperang (jihad) kepada masayarakat indonesia pada 22 oktober 1945. 

BACA JUGA:Hari Santri, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Seluma Gelar Istighotsah dan Pawai

Seruan itu pun berisi tentang ajakan sekaligus perintah bagi seluruh umat muslim indonesia untuk bersatu dan juga berjuang melawan sekutu yang ingin menjajah kembali indonesia setelah adanya proklamasi kemerdekaan. 

 

Ditetapkannya tanggal 22 oktober sebagai hari santri nasional bertujuan untuk mengingatkan umat muslim dan seluruh bangsa indonesia tentang resolusi jihad yang telah dicetuskan oleh sang pahlawan yakni KH Hasyim Asy’ari. Beliau berhasil menggerakkan santri, pemuda dan masyarakat muslim agar bersatu sekaligus melawan pasukan kolonial yang berupaya merusak keutuhan negara kesatuan republik indonesia (NKRI). 

BACA JUGA:Kisah Rombongan Bung Karno Kecoh Pasukan Jepang Hingga Bermalam di Mukomuko

Peringatan hari santri nasional juga sudah diresmikan oleh presdien jokowi melalui keputsan presiden (Keppres) nomor 22 tahun 2015 yakni pada tanggal 15 oktober 2015. Sejak saat itulah setiap tanggal 22 oktober dijadikan sebagai hari santri nasional, yang mana memperingati peran ulama dan santri pondok pesantren dalam perjuangan merebut kemerdekaan republik indonesia, juga mempertahankan NKRI serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa. 

BACA JUGA:7 Hp Samsung dengan Fitur NFC Tanpa Koneksi Internet, Harga Terjangkau

Sobat radar bengkulu, sejarah hari santri nasional ini ialah sejarah yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam perjalanan bangsa indonesia menuju kemerdekaan dan kemajuan. Hari santri nasional adalah hari dimana dilakukannya penghormatan kepada peran ulama dan santri dalam memperjuangkan kemerdekaan dan NKRI.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar bengkulu