Digempur Kemajuan Zaman, Budaya Sarapal Anam Tetap Eksis

Digempur Kemajuan Zaman, Budaya Sarapal Anam Tetap Eksis

Penampilan tim Sarapal Anam Tunas Muda Desa Paku Haji-Agus-

RADAR BENGKULU - Sarapal Anam merupakan salahsatu kesenian dan budaya masyarakat suku Lembak dan Melayu, suatu budaya yang lahir dan berkembang ditengah masyarakat dan menjadi tradisi secara turun-temurun.

 

Pertunjukan Sarapal Anam adalah lantunan syair-syair berzanji yang diiringi dengan tabuhan rebana. Syair-syair kesenian ini  di ambil dari syair Nazhm dalam kitab mulud atau maulid. 

 

Kesenian Sarapal Anam ini oleh masyarakat Lembak sering disebut Bedzikir, kesenian ini biasanya digunakan pada acara pernikahan dan Maulid Nabi, untuk acara Maulid Nabi biasanya dilaksanakan di Masjid.

BACA JUGA:Mengenal Sosok Mohammad Hatta dan Peran Pentingnya Dalam Perjuangan Indonesia

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Pondok Kubang kabupaten Bengkulu Tengah Mintarno, SHI,MHI mendukung dan menyambut baik penampilan tim Sarapal Anam Tunas Muda Desa Paku Haji saat melaksanakan pencatatan dan pengawasan pernikahan di Desa Paku Haji.

 

Mintarno mengapresiasi adat dan budaya yang masih dilestarikan oleh masyarakat secara turun temurun, terutama di Kecamatan Pondok Kubang, di setiap acara pernikahan kesenian ini selalu di tampilkan, dan terlihat semangat dari bapak-bapak dalam menabuh gendang rebana.

BACA JUGA:Mengenal Manfaat Asuransi Milik Pemerintah untuk Perlindungan Usaha dan Jiwa Anda

"Kita bersyukur ditengah gempuran kemajuan zaman dan berkembangnya berbagai macam seni hiburan, masyarakat kita masih melestarikan Sarapal Anam disetiap acara pernikahan baik melarak pengantin, maupun menjelang prosesi akad nikah," urai Mintarno.

BACA JUGA:Tokoh Adat Masyarakat Pekal Sepakat Hidupkan Kembali Budaya Yang Telah Hilang

Menurutnya, keberadaan seni Sarapal Anam ini menjalin kebersamaan dan kerjasama antar penabuh rebana, yang tercermin saat saling bersahutan dalam pembacaan syair di setiap kesenian ini ditampilkan

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: