Sosok Cut Meutia, Pahlawan Nasional yang Diabadikan Dalam Uang Rp 1000

Sosok Cut Meutia, Pahlawan Nasional yang Diabadikan Dalam Uang Rp 1000

Kisah sosok cut meutia pahlawan asal aceh-Ist-

RADAR BENGKULU - Cut nyak Meutia merupakan sosok pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Aceh . Ia dilahirkan dari kedua orang tua keturunan asli dari Aceh

 

Setelah beranjak dewasa, cut Meutia menikah dengan  Teuku Muhammad atau Teuku tjik tunong. Mereka pun melakukan perlawanan terhadap Belanda. Namun kala itu teuku Muhammad atau teuku tjik tunong di tangkap Belanda dan dihukum mati di tepi pantai Lhokseumawe. 

BACA JUGA:Mengenang Sosok Cut Nyak Dien, Perempuan Tangguh Asal Aceh yang Ditakuti Penjajah

Sebelum teuku Muhammad meninggal, ia berpesan kepada sahabatnya yang bernama pang nanggroe agar ia mau menikahi istrinya dan merawat anaknya yang bernama teuku raja Sabi. 

 

Hingga akhirnya cut Meutia menikah dengan pang nanggroe sesuai dengan wasiat dari suaminya dahulu. Lalu mereka bergabung dengan pasukan lainnya dibawah pimpinan teuku muda gantoe. 

 

Suatu ketika pada saat melakukan pertempuran dengan korps marechausee di paya cicem , cut Meutia dan para wanita melarikan diri kedalam hutan. Pang nanggroe sendiri terus melakukan perlawanan hingga akhirnya ia tewas pada tanggal 26 September 1910. 

BACA JUGA:Kisah Pahlawan Cut Nyak Dhien, Pejuang Asal Aceh Mewariskan Keberanian Seorang Perempuan Melawan Penjajahan

Oleh karena itu cut Meutia kemudian bangkit dan terus melakukan perlawanan bersama dengan pasukannya. Ia menyerang dan merampas semua pos pos kolonial sambil bergerak menuju gayo melewati hutan belantara. 

 

Tepat pada tanggal 24 Oktober 1910, cut Meutia bersama pasukannya bentrok dengan marechausee di aulie kurieng , dalam pertempuran tersebut cut Meutia gugur. 

BACA JUGA:Sosok Raden Ajeng Kartini dan Pengaruhnya Terhadap Kemajuan Perempuan Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: