Sepanjang 2023 PLN Genjot Infrastruktur Kelistrikan, Kapasitas Listrik Nasional Mencapai 72.976,30 Megawatt

Sepanjang 2023 PLN Genjot Infrastruktur Kelistrikan,  Kapasitas Listrik Nasional  Mencapai 72.976,30 Megawatt

PLTS terbesar Se-Asia Tenggara, Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung atau Floating Solar PV Cirata-Adam-radarbengkulu

RADARBENGKULU -  PT PLN (Persero) terus menggencarkan pembangunan infrastruktur kelistrikan secara masif demi mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan nasional. Hingga Desember 2023, kapasitas terpasang pembangkit Indonesia sebesar 72.976,30 megawatt (MW).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan terus dilakukan PLN demi memastikan ketersediaan listrik yang andal bagi seluruh masyarakat. Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan mulai dari pembangkit, jaringan transmisi hingga gardu induk diyakini akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan.

BACA JUGA:Banjir Melanda Musi Rawas Utara, PLN Gerak Cepat Upayakan Pemulihan Pasokan Listrik Daerah Terdampak

 

"Pembangunan infrastruktur kelistrikan diperlukan demi memastikan ketersediaan energi listrik yang aman dan andal. Dengan ini, aktivitas perekonomian masyarakat dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala," kata Darmawan.

Darmawan menjelaskan, sepanjang 2023, PLN berhasil menambah kapasitas pembangkit listrik mencapai 4.182,2 MW. 

BACA JUGA:Pengembangan Berkelanjutan dari Smart Grid, PLN Jajaki Kerja Sama Dengan Perusahaan Asal UEA


Tiang-tiang listrik SUTT PT PLN siap memberikan pasokan listrik ke seluruh warga NKRI-Adam-radarbengkulu

Jumlah ini bahkan melampaui target yang ditetapkan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2023 yakni sebesar 1.487,9 MW. 

Salah satunya, PLN berhasil mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata berkapasitas 192 MWp atau terbesar di Asia Tenggara yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada November 2023.

BACA JUGA:Tunggakan Pelanggan PLN di Seluma Membludak

 

"Upaya menghadirkan akses listrik yang berkeadilan dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia terus dilakukan PLN untuk mendukung peningkatan perekonomian dan pemerataan secara nasional," tegas Darmawan.

Darmawan menegaskan, PLN tak hanya fokus melakukan penambahan pembangkit, tetapi terus menggencarkan pembangunan jaringan transmisi dan gardu induk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu