Nabi Luth AS Dianggap Gila Oleh Kaum Sodom yang Diazab Allah SWT

Nabi Luth AS Dianggap Gila Oleh Kaum Sodom yang Diazab Allah SWT

Penduduk daerah Sodom menganggap nabi luth AS sudah gila-Ist-

RADAR BENGKULU - Pada kisah Nabi Luth AS bagian kedua ini diriwayatkan ketika Luth AS mengungkapkan dirinya adalah rasul dan nabi, masyarakat kaum sodom malah menganggap Luth sudah Gila.

Kisah berawal ketika nabi Luth AS sudah tidak tahan lagi melihat perbuatan yang dilakukan kaumnya menjurus pada kemaksiatan, maka nabi Luth AS memberikan peringatan pada mereka. 

BACA JUGA:Kisah Nabi Luth AS Diutus Di Daerah Sodom, Kaum Homoseksual

Gebrakan pertama dakwa nabi Luth AS ialah masalah penyembahan yang dilakukan kaum sodom. Mereka tidak menyembah Allah SWT tetapi pada berhala seperti yang dilakukan kaum yang sudah dibinasakan Allah SWT sebelumnya.

BACA JUGA: Ingin Tahu Fakta Tentang Ikan Sebelah? Sisa Makanan Nabi Musa As? Simak Ulasannya Disini

Melihat hal demikian maka nabi Luth AS memberikan pengarahan kepada semua penduduk sodom segera meninggalkan berhala itu dan menyembah kepada Allah SWT. 

BACA JUGA:Kisah Nabi Hud As dan Kaum Ad yang Kaya Raya, Sombong dan Kejam

Pada suatu ketika nabi Luth AS dengan terang-terangan menentang penyembahan itu sembari berkata "wahai saudaraku apakah tidak lebih baik menyembah Allah SWT seperti yang telah aku sembah. Sebab Dia dapat menolong kalian dari segala kesulitan jika kalian mau memintanya" kat Nabi Luth AS seperti tertuang dalam buku kisah nabi.

Luth mengatakan itu ketika para kaumnya sedang berkumpul menyembah berhala. Dan Luth kembali berkata "nenek moyang kita tidak pernah menyembah patuh batu itu. Hanya kalian saja yang tidak mengetahui dan menyerap ilmu kebenaran dari mereka" 

Namun para kaum sodom yang mendengar pernyataan Nabi Luth AS hanya diam saja dan bubar begitu saja meninggalkan Luth AS sendirian. Melihat hal itu, nabi hanya mengurut dada karena kaumnya sudah tidak mau mendengarkan nasihat darinya lagi.

Meski demikian, nabi Luth AS tetap meminta kepada Allah SWT agar membuka hati para kaumnya untuk segera bertobat. Ketika itu para kaum langsung pulang ke rumah mereka masing - masing dan langsung menutup pintu agar tidak melihat sosok Luth As lagi. Mereka tidak mau mendengar nasihat nabi Luth AS karena mereka anggap nasihat itu bertentangan dengan tradisi yang mereka pahami.

Kondisi di daerah Sodom sangat tidak berpihak kepada nabi Luth AS, dia dikucilkan penduduk setempat dan bahkan tidak ada penduduk yang mau berbicara dengannya. Suatu ketika nabi Luth AS mengumumkan bahwa dirinya adalah utusan Allah SWT yang ditugaskan membenahi akhlak penduduk sodom. Nabi Luth AS mengumumkan kenabiannya ditengah penduduk yang sedang berkumpul.

Tapi upaya nabi Luth AS ternyata tidak membuahkan hasil, penduduk sodom malah mengejek nabi Luth AS dan berkata Luth sudah gila karena dikucilkan masyarakat. Dalam riwayat menyebutkan bahwa umat sodom sejatinya punya otak yang cerdas namun karena sudah diperbudak hawa nafsu, sehingga semua nasihat nabi Luth AS sudah tidak didengarkan lagi.

Mereka sebenarnya sudah menyadari bahwa kelakuan mereka salah, namun mereka tetap tidak mau meninggalkan kebiasaan maksiat homoseksual itu. Bahkan Umat sodom ini terkenal kejam dan tidak segan merampok dan membunuh kafilah yang kebetulan lewat ditempat sepi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: