Sosialisasi Teknis Kebijakan Pengawasan dan Pendidikan Perkarantina di Balai Hewan, Ikan, dan Tumbuhan

Sosialisasi Teknis Kebijakan Pengawasan dan Pendidikan Perkarantina di Balai Hewan, Ikan, dan Tumbuhan

Kepala Kementrian Pertanian Badan Karantina Pertanian Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Bengkulu Bukhari-Windi-

 

RADAR BENGKULU - Dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai kebijakan pengawasan dan pendidikan perkarantina, Balai Hewan, Ikan, dan Tumbuhan menggelar sosialisasi teknis yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait. Acara tersebut diadakan pada hari Selasa, 1 Desember 2023 di Aula lantai 2 Hotel Santika. 

 

Acara tersebut bertujuan untuk menyampaikan informasi penting mengenai kebijakan perkarantina, yang melibatkan pengawasan dan pendidikan terhadap hewan, ikan, dan tumbuhan yang masuk atau keluar wilayah. Para peserta yang hadir melibatkan petani, pebisnis perikanan, penangkap ikan, peternak, serta berbagai pihak terkait lainnya.

BACA JUGA:Jokowi, SBY dan Luhut Bersatu Dukung Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran Pilpres 2024

Dalam sambutannya, Kepala Kementrian Pertanian Badan Karantina Pertanian Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Bengkulu Bukhari, menyampaikan urgensi kebijakan perkarantina sebagai langkah perlindungan terhadap keberlanjutan ekosistem dan kesehatan hewan, ikan, dan tumbuhan. 

 

"Melalui kegiatan ini, kita berupaya untuk mencegah masuknya organisme berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan hewan, ikan, dan tumbuhan lokal," ujar 

BACA JUGA:Mubes Iluni PLS Sukses. Syafrudin Ketua Tanpa Saingan

Berbagai materi disampaikan dalam acara ini, termasuk teknis pengawasan di pintu masuk dan keluar wilayah, prosedur perkarantina, serta upaya pencegahan penyebaran penyakit. Para peserta diajak untuk aktif bertanya dan berdiskusi guna memahami secara lebih mendalam implementasi kebijakan tersebut.

 

Selain itu, acara ini juga melibatkan, IKIP, kemudian SOP Bengkulu, terus Bea Cukai Bengkulu, selanjutnya Pihak Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu. Secara bergantian memberikan wawasan dan pengetahuan terkini dalam bidang perkarantina. Diharapkan, sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat dan pelaku usaha terkait peran mereka dalam mendukung kebijakan pengawasan dan pendidikan perkarantina.

BACA JUGA:Ini 5 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Solo Saat Natal dan Tahun Baru 2024, Ada Pesta Kembang Api

Acara sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam menciptakan kesadaran dan kerjasama yang baik antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan ekosistem hewan, ikan, dan tumbuhan di bengkulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: