Pentingnya Baca Doa Akhir dan Awal Tahun, Begini Ulasannya

Pentingnya Baca Doa Akhir dan Awal Tahun, Begini Ulasannya

Hukum baca doa Akhir dan Awal Tahun Baru, berikut Penjelasannya!-Ist-

 

Sedangkan Firman Arifandi LL.B., LL.M dalam bukunya Menanggapi Perayaan Musiman danTercatat, para ulama pun kerap kali tidak setuju dengan dalih salat di akhir dan awal tahun, bahkan untuk menyambut bulan Muharram.

 

Meski demikian, Firman berpendapat dasar-dasar shalat tidak harus dijelaskan secara jelas dalam Al-Quran nomor 039;an atau Hadits. Meskipun sebenarnya masih ada Ijmaand Qiyas, Problemat, Qaul Shahabi dan lain-lain.

 

Bahkan dalil-dalil Al-Qur'an dan Sunnah pun tidak selalu harus mengungkapkan suatu hukum secara eksplisit, tulis Sana dalam bukunya (halaman ). 27). Dosen Sekolah Tinggi Al-Quran Jakarta (PTIQ) ini menegaskan, sebenarnya sah-sah saja menggunakan dalil umum saat menganjurkan shalat. Asalkan doa yang dibacakan tidak menyimpang dari prinsip Al-Qur'an dan Sunnah itu sendiri.

 

Kapankah salat akhir dan awal tahun dibacakan? 

Jika mengacu pada tahun baru Hijriah, doa akhir tahun dibacakan sebanyak 3 kali sebelum Maghrib sebelum Tahun Baru. Padahal di awal tahun doa dipanjatkan sebanyak 3 kali untuk menyambut tahun baru.

 

Doa akhir tahun dibacakan untuk memohon ampun kepada Tuhan atas kesalahan dan dosa masa lalu serta memohon kepada SWT agar menerima amal shaleh yang dilakukan sekecil apapun. Namun doa di awal tahun merupakan wujud pengharapan atas rahmat dan rahmat Tuhan bagi kita di tahun yang akan datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: