Ini Dia Keutamaan Kita Lapang Dada

Ini Dia Keutamaan Kita Lapang Dada

Dr. Dani Hamdani, M.Pd-Adam-radarbengkulu

 

Maknanya, tidak semestinya perbuatan yang buruk dibalas dengan keburukan yang sama. Bila sampai begitu, maka hampir tidak ada bedanya antara kedua belah pihak. 

Rasulullah SAW berpesan. "Maukah engkau jika aku beri tahu tentang perkara yang karenanya Allah meninggikan bangunan dan mengangkat derajat ?"

 

Para sahabat berkata, "Ya, wahai Rasulullah."

"Berlapang dada kepada orang bodoh yang menyakitimu, memaafkan kesalahan orang yang menzalimimu, menderma kepada orang yang tidak peduli kepadamu, dan menyambung hubungan silaturahim dengan orang-orang yang memutuskannya," jelas Nabi SAW.

 

Kaum Muslimin wa zumratul mu’minin rahimakumullah

Keutamaan orang-orang yang berlapang dada. Dalam hadis lain, Rasulullah SAW menceritakan. "Apabila Allah menghimpun seluruh makhluk, terdengar suara memanggil, 'Mana orang-orang yang istimewa?'

Maka berdirilah sekelompok manusia dalam jumlah yang cukup kecil. Lalu berjalanlah mereka bersama-sama menuju surga. Disana, mereka disambut para malaikat yang bertanya, 'Apakah keistimewaan kalian ?'

 

Mereka menjawab, 'Dahulu kami bersabar ketika dizalimi dan berlapang dada ketika disakiti.' Para malaikat berkata, 'Masuklah ke dalam surga, itulah sebaik-baiknya balasan bagi orang-orang yang telah berbuat (baik).'"

 

Semoga kita semua mampu memiliki sikap berlapang dada sehingga bisa meraih keutamaannya. Aamiin.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu