Cara Mengendarai Sepeda Motor Dengan Aman Saat Hujan Lebat dan Angin Kencang

Cara Mengendarai Sepeda Motor Dengan Aman Saat Hujan Lebat dan Angin Kencang

cara aman menghindari kecelakaan saat mengendarai sepeda motor di tengah hujan-Ist-

1. Pastikan motor dalam kondisi baik

Sebelum melakukan perjalanan, Anda harus memahami dengan jelas kondisi motor. Selanjutnya pastikan ban tidak gundul karena sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kendaraan selip.

Lalu lampunya berfungsi dengan baik. Ini membantu memberi sinyal kepada pengemudi lain saat hujan deras di mana jarak pandang terbatas. Pastikan menyala saat berkendara.

Selanjutnya periksa body cover dan pastikan tidak terbuka. Sebab, air yang tumpah dapat menyebabkan korsleting pada komponen kelistrikan.

BACA JUGA:Mau Camping, Tapi Musim Hujan? Tenang, Coba 5 Tips dan Trik Berikut Ini

BACA JUGA:Mau Berolahraga di Musim Hujan? Ini Perlengkapan yang Harus Disiapkan

2. Perlengkapan keselamatan

Saat musim hujan, selalu bawa perlengkapan keselamatan saat berkendara. Ibarat jas hujan yang nyaman, sebaiknya tersedia dalam 2 potong (jaket + celana). Selanjutnya, kenakan helm dengan visor transparan agar visibilitas lebih baik meskipun visor tertutup untuk mencegah air masuk ke wajah Anda. Ingatlah untuk memakai sepatu tahan air atau karet untuk melindungi kaki Anda, serta sarung tangan tahan air.

 

3. Kurangi kecepatan

Karena jalanan sangat licin saat hujan, pengendara diimbau tidak melaju kencang. Melambat, apalagi jika melewati genangan air. Hal ini untuk menghindari terjadinya aquaplaning. Selain itu, dengan mengurangi kecepatan, pengemudi mungkin menganggap jalan tersebut berlubang atau aman.

 

4. Jaga jarak

Berkendara di tengah hujan atau jalan basah perlu menjaga jarak aman untuk menghindari kecelakaan. Karena jalan licin mengurangi grip rem. Oleh karena itu, pengemudi harus mengerem pada jarak tertentu.

Jika jarak terlalu dekat, sedangkan jarak pandang terbatas saat hujan, hal ini sering menjadi penyebab kecelakaan. Karena harus menjaga jarak dengan kendaraan lain untuk menghindari tabrakan antar peserta lalu lintas di jalan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: