Coba 4 Tips Mencapai Kemandirian Finansial dan Strategi Pengelolaan Keuangan

Coba 4 Tips Mencapai Kemandirian Finansial dan Strategi Pengelolaan Keuangan

Simak! Berikut 4 Tips Pengelolaan Keuangan Untuk Pemula-ist-

 

RADAR BENGKULU - Pengelolaan keuangan yang tepat merupakan faktor kunci utama dalam membantu seseorang mencapai kemandirian finansial. Kemampuan mengelola keuangan atau perencanaan keuangan sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan, mulai dari pebisnis hingga ibu rumah tangga.

 

Dikutip dari sumber Nerd Wallet, pengelolaan keuangan berarti merencanakan, mengatur, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan keuangan. Idealnya, kebutuhan pribadi adalah pendorong utama pengeluaran dan menjadi landasan Anda jika terjadi kesulitan dalam pengelolaan keuangan.

 

 

Pada dasarnya pengelolaan keuangan penting dalam kehidupan pribadi, bisnis, atau profesional. Anda juga bisa mempelajarinya, meskipun Anda seorang pemula atau tidak memiliki latar belakang ekonomi.

 

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai pengelolaan keuangan, ini ada 4 tips manajemen keuangan untuk pemula

BACA JUGA:Dapatkan Promo MyBank 10 % Hingga 250 ribu, Bebas Biaya Tabungan

BACA JUGA:Mau ke Makkah Tapi Sulit Kumpulkan Uang? Coba Nabung di Tabungan Haji BRI Syariah iB, Bisa Nabung untuk Anak

1. Catat keuangan Anda

Langkah pertama dalam mengelola keuangan memerlukan pengorganisasian dan perhitungan yang baik. Terbukalah pada diri sendiri dan lihat di mana letak kelemahan pengelolaan keuangan Anda. Penting untuk melacak pengeluaran Anda dan menganalisis kesalahan masa lalu, tetapi Anda tidak harus terus melakukan hal ini. Inilah cara mengelola uang Anda sekarang, sambil mempersiapkan masa depan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: