Coba 4 Tips Mencapai Kemandirian Finansial dan Strategi Pengelolaan Keuangan

Coba 4 Tips Mencapai Kemandirian Finansial dan Strategi Pengelolaan Keuangan

Simak! Berikut 4 Tips Pengelolaan Keuangan Untuk Pemula-ist-

2. Rencanakan pengelolaan uang Anda.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan jika ingin mencapai kebebasan finansial. Cara-cara ini sering disebut “rencana” dan bisa menjadi referensi Anda untuk masa depan. Pertama, mari kita mulai dengan anggaran atau budgeting. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengatur rencana anggaran Anda. Salah satunya adalah metode perencanaan anggaran 50/30/20, yaitu mengalokasikan 50% pendapatan untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan dan pelunasan utang.

Selanjutnya, lacak pengeluaran Anda. Dengan langkah pelacakan pengeluaran, Anda dapat mengetahui berapa besar pengeluaran Anda. Hal ini akan mendorong Anda untuk berhenti membelanjakan terlalu banyak pada kategori tertentu atau menyesuaikan kebiasaan belanja Anda agar lebih selaras dengan tujuan Anda.

 

3. temukan cara untuk menghemat uang.

Langkah yang tepat untuk berhemat adalah dengan memperhatikan pengeluaran Anda. Cara menghemat uang bisa dimulai dari hal kecil, mengubah kebiasaan sehari-hari, menegosiasikan tagihan, hingga melakukan perubahan jangka panjang dalam cara Anda mengelola keuangan.

 

BACA JUGA:1000 Orang Bengkulu Dapat Bantuan Tabung Gas 3 Kg dan Uang Tunai Rp 1,2 juta

BACA JUGA:SBN Ritel Bareksa Promo Tabungan ST011 Hadiah Emas Hingga 30 Gram

4. gunakan rekening khusus untuk pembelanjaan dan tabungan.

Mengidentifikasi akun pengeluaran bisa menjadi tip untuk mengelola keuangan Anda. Salah satu cara untuk mempermudah pengelolaan uang adalah dengan memisahkan uang untuk tagihan dan pengeluaran yang diharapkan dari dana darurat Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: