Ibadah dan Perubahan Tingkah Laku Manusia

Ibadah dan Perubahan Tingkah Laku Manusia

Prof. Dr. H. Mawardi Lubis, M.Pd-Adam-radarbengkulu

 

RADARBENGKULU - Kaum muslimin yang dimuliakan Allah, tidak terasa hari ini kita sudah memasuki hari Jumat lagi. Untuk itu, redaksi sudah menyiapkan khutbah Jumat untuk pembaca semua. Judulnya,   Ibadah dan Perubahan Tingkah Laku Manusia.

Materi ini ditulis oleh  Ustadz  Prof. Dr. H. Mawardi Lubis, M.Pd .   Rencananya, materi ini akan disampaikan saat menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Raya Baitul Izzah, Jalan Raya Pembangunan Kelurahan Padang Harapan, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu.

 

Apa saja isi materi khutbahnya, silahkan dibaca langsung tulisannnya dibawah ini. Selamat membaca! Semoga ada manfaatnya bagi kita semua.

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Secara etimologi pengertian ibadah adalah merendahkan diri atau tunduk. Kemudian secara bahasa, ibadah berasal dari kata 'abdun, yang artinya hamba. Ibadah juga dapat diartikan segala sesuatu yang dicintai dan diridai Allah SWT, baik berupa perkataan maupun perbuatan.

Di dalam Al-Qur'an, kata ibadah berarti patuh (ath-thâ'ah), tunduk (al-khudu’), mengikut, menurut, dan doa. 

 

Adapun menurut ulama fikh, ibadah adalah semua bentuk aktivitas/pekerjaan yang bertujuan memperoleh rida Allah dan pahala dari-Nya (‘amal shalih). 

Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ibadah adalah perbuatan untuk menyatakan bakti kepada Allah SWT, yang didasari ketaatan mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya; ibadat (https://www.bola.com/ragam/read/5317382/pengertian-ibadah-dalam-islam-tujuan-macam-dan-prinsip-prinsipnya). 

 

Dengan demikian, seluruh amalan yang dilakukan oleh muslim yang ditujukan sepenuhnya sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah dan larangan Allah SWT yang telah diatur dalam syariat Islam adalah disebut sebagai ibadah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu