Pemda Bengkulu Selatan Siapkan Aplikasi Satu Cerdas Berbasis IT

Pemda Bengkulu Selatan Siapkan Aplikasi Satu Cerdas Berbasis IT

Bupati Bengkulu Selatan menjelaskan kepada masyarakat terkait aplikasi Satu Cerdas-Fahmi-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan sudah menyiapkan motode pembelajaran anak melalui aplikasi yang namanya satu cerdas yang berbasis IT (Information AND Technology). Semua pelajaran sudah ada didalamnya.

Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi,SE.MM mengatakan, nantinya seluruh siswa, mulai dari kelas empat Sekolah Dasar (SD) sampai kelas tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) tinggal mendownload aplikasi yang sudah disediakan. Yaitu Aplikasi  Satu Cerdas.

BACA JUGA:Erwin Mukhsin: Satpol PP Damkar Bengkulu Selatan Tidak Mengintervensi Pengadaan Alat Pemadam Kebakaran

 

"Dalam aplikasi ini semua pelajaran ada semuanya. Mulai pembahasan mata pelajaran sampai Latihan Kerja Siswa (LKS) ataupun Pekerjaan Rumah (PR). Semuanya kita masukkan dalam aplikasi. Sehingga mempermudah siswa - siswi dalam belajar. Artinya, dalam satu genggaman satu Android saja, semua pelajaran sudah ada semuanya,"papar Gusnan saat kegiatan Musrenbang di Kecamatan Pino Kamis, 25 Januari 2024.

Hal ini sudah dilakukan berdasarkan dengan analisa konsumen. Artinya, siswa - siswi akan lebih mudah belajar tanpa harus membaca buku, menggunakan pena untuk mengefisienkan kebutuhan. Cukup menggunakan handphone ataupun laptop. Tinggal memilih pelajaran apa yang harus dipelajari.

BACA JUGA:Seperti Ini Konsep Logo HUT ke-21 Kabupaten Mukomuko Tahun 2024, Simak Ulasannya

 

Bahkan siswa - siswipun nantinya tidak terpaku dengan buku apa yang harus dibawa kesekolah. Sistem pembelajarannya bisa dimana saja. Baik itu sedang bersantai ataupun bermain.Tinggal siswa - siswi mempelajari ataupun mengerjakan tugas sesuai dengan pelajaran yang diberikan oleh pihak guru.

"Dengan kebutuhan konsumen inilah kita ciptakan aplikasi tersebut. Bahkan terkait soal absensi bisa dikontrol oleh orang tua. Nantinya guru tinggal menjelaskan. Siswa - siswi tinggal melihat handphonenya. Apalagi saat ini kebutuhan anak - anak kita tidak terlepas dari handphone,"ujar Gusnan.

BACA JUGA:Simulasi Penggunaan Alat Pemadam Kebakaran, Ini Tujuan Pemda Bengkulu Selatan Undang Seluruh Kades

 

Adapun yang disampaikan oleh Kabid SMP, Lusi Wijaya,M.Pd, metode pembelajaran ini akan dilakukan semuanya pada tahun 2026 mendatang.  Dan Bengkulu Selatan menjadi pilot project di Provinsi Bengkulu dengan pembelajaran secara digital. 

Oleh karena itu, perlu disiapkan pembelajaran berbasis IT. Hal ini sudah dilakukan percobaan  pada Juni 2023 yang lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu