Kabar Baik, Harga TBS Kelapa Sawit di Provinsi Bengkulu Tetap Stabil Jelang Pemilu 2024

Kabar Baik, Harga TBS Kelapa Sawit di Provinsi Bengkulu Tetap Stabil Jelang Pemilu 2024

Harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit Provinsi Bengkulu, harga pembelian TBS kelapa sawit di Provinsi Bengkulu masih stabil menjelang pemilu 14 Februari 2024-ist-

 

RADAR BENGKULU - Berdasarkan hasil rapat  Tim Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit Provinsi Bengkulu, harga pembelian TBS kelapa sawit di Provinsi Bengkulu masih stabil menjelang pemilu 14 Februari 2024 ini.

Untuk periode Februari 2024 telah ditetapkan harga TBS sawit sebesar Rp 2.253 per Kilogram (Kg). Keputusan ini melibatkan Pemerintah Provinsi Bengkulu serta perwakilan perusahaan kelapa sawit (PKS) di wilayah Bengkulu.

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, M. Rizon, penetapan harga ini khusus berlaku untuk pohon kelapa sawit dengan usia tanam 10 hingga 20 tahun. 

BACA JUGA:Bahaya! Pak Polisi Tolong Tertibkan Truk Sawit Tanpa Jaring Pengaman di Jalan Lintas Provinsi Bengkulu

BACA JUGA: Truk Muatan Sawit 8 Ton Terguling Ditikungan Perigi Linau, Sopir Langsung Melompat

Sementara itu, Kasi Perkebunan Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Yuhan Syahneri menyatakan bahwa harga TBS kelapa sawit terendah untuk pohon dengan usia tanam 3 tahun sebesar Rp 1.905,64 per Kg, dan untuk pohon dengan usia tanam 25 tahun sebesar Rp 2.023,71 per kg.

''Harga TBS sawit pada periode ini termasuk stabil dibandingkan dengan harga di bulan Januari 2023 sebesar Rp2.206,91/Kg," kata Yuhan.

Penetapan harga TBS kelapa sawit didasarkan pada perhitungan indeks K periode Januari 2024 serta nilai jual cangkang sawit, harga CPO, dan harga rata-rata PK.

 Yuhan menyatakan, harga TBS sawit pada periode ini termasuk stabil dibandingkan dengan harga di bulan Januari 2023.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata di Balige Sumatera Utara Sugukan Pemandangan yang Super Indah

BACA JUGA:6 Tempat Wisata Murah di Bali, Nyaman dan Cocok Untuk Bersantai Bersama Keluarga

Harga TBS kelapa sawit ini berlaku selama satu bulan ke depan, hingga dilakukan rapat penetapan kembali untuk bulan Maret 2024. 

Para petani diminta untuk menjual TBS mereka sesuai dengan ketetapan yang berlaku, sehingga keputusan ini diharapkan memberikan kepastian dan stabilitas bagi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: