Petani Kewalahan, Hama Tikus Serang Padi Petani di Kabupaten Kaur

 Petani Kewalahan,  Hama Tikus Serang Padi   Petani di Kabupaten Kaur

Inilah kondisi sawah petani Sukamenanti, Kecamatan Maje yang diserang hama tikus-Hendri-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Petani di Desa Sukamenanti, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur saat ini mengeluh. Pasalnya, sawah mereka diserang hama tikus

Kepala Desa Sukamenanti, Burmawan mengatakan, lahan sawah yang sudah mulai diserang hama tikus terletak di lokasi Tebat Besak di Desa Sukamenanti. ''Lahan yang diserang hama tikus tersebut terus melebar,'' ujar Burmawan kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID, Sabtu, 10 Februari 2024. 

BACA JUGA:Tetap Berikan Pelayanan yang Baik, Wakil Bupati Kabupaten Kaur ke Bukit Indah

 

Sawah yang diserang hama tikus tersebut milik Mukhtar, warga Desa Sukamenanti. Sudah beberapa petak yang sudah habis. Dan kemungkinan gagal panen. 

Burmawan berharap lahan sawah warganya yang  terserang hama tikus agar segera mendapat tindakan dari Dinas terkait. Seperti Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan. Sehingga masyarakat tidak sampai gagal panen. 

BACA JUGA:Bawaslu Kaur Tertibkan Alat Peraga Kampanye Saat Kampanye Berakhir

 

Sementara itu Mukhtar, petani sawah yang terkena hama tikus berharap agar penyuluh pertanian segera  melakukan penyuluhan agar ada tindakan cepat. Jangan sampai hama tikus menyebar di lahan sawah Tebat Besak. 

"Kami mohon perhatian dari Pemerintahan Kabupaten Kaur untuk  segera dilakukan tindakan," ujar Mukhtar. 

BACA JUGA: KPU Kaur Gelar Rakor Kesiapan Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum 2024

 

Mukhtar juga menerangkan, lahan sawah yang terkena hama tikus sudah mulai melebar. 

Sebab petani kesulitan untuk membeli racun tikus. Sebab, ia dan kawan-kawan sudah berusaha meracun tikus itu di sekeliling sawah, tapi sepertinya tidak mempan. Tikus lebih banyak dan cepat memakan padi dibanding tikus yang terkena racun. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu