DPK Provinsi Bengkulu Rutin Lakukan Stock Opname Bahan Pustaka di Perpustakaan

DPK Provinsi Bengkulu Rutin Lakukan Stock Opname Bahan Pustaka di Perpustakaan

kegiatan stock opname bahan pustaka -Naura -

RADAR BENGKULU - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd., melalui Kepala Bidang (Kabid) Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian, Hj. Wardaniar, S.Sos, M.Pd., mengatakan kegiatan stock opname bahan pustaka yang rutin dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu merupakan bentuk layanan yang diberikan kepada masyarakat supaya mereka merasa nyaman dan meningkatkan minat baca masyarakat. 

BACA JUGA:5 Film Drama Korea Terbaru Ini Bisa Inspirasi di Tahun 2024! Apa Saja Ya?

BACA JUGA:Pedagang Ikan Asin Bengkulu Mengeluh, Ini Masalahnya

Perpustakaan sebagai penyedia informasi harus dapat memberikan layanan yang dapat memudahkan pengguna untuk mengakses informasi dengan cepat, tepat, dan akurat.

Hal ini dikaitkan dengan tujuan dan fungsi perpustakaan itu sendiri yaitu mengumpulkan, menyimpan, menata, merawat atau memelihara dan menyediakan bahan pustaka dalam berbagai bentuk khususnya buku.

 

“Kegiatan stock opname ini merupakan rutinitas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu setiap tahun dalam rangka menata kembali koleksi buku sehingga mudah dicari oleh pemustaka nantinya,” kata Wardaniar

BACA JUGA:Sama Mengusung Anies Baswedan, PKS dengan Nasdem Sekarang Bersaing Raih Kursi DPRD Provinsi Bengkulu

Koleksi yang terawat akan memberikan kelancaran akses informasi di perpustakaan, untuk dapat memberikan pelayanan dan informasi yang tepat dan akurat tentang perpustakaan khususnya mengenai koleksi bahan pustaka.

Maka dari itu diadakan kegiatan stock opname di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu. 

Stock opname bahan pustaka di perpustakaan adalah kegiatan pemeriksaan koleksi perpustakaan secara menyeluruh apakah koleksi itu masih sesuai dengan catatan yang dimiliki.

Selain berfungsi untuk mencocokkan kembali koleksi yang ada di rak dengan jumlah data inventaris, juga dapat sebagai sarana untuk melakukan pemeliharaan, karena disamping memeriksa koleksi, buku–buku yang ada kemudian dibersihkan tidak terkecuali dengan tempat pemajangan buku atau rak. 

BACA JUGA:4 Merek Sepatu Kerja Wanita yang Anggun, Fashion Berkualitas Tinggi dan Terjangkau

Stok opname merupakan sebuah kegiatan rutin yang penting untuk membantu dalam memantau dan menghitung jumlah koleksi bahan pustaka, baik yang masih tersimpan ataupun yang sudah tidak diketahui fisiknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: