Tips Merawat Buku Agar Tidak Rusak dari Kepala DPK Provinsi Bengkulu

Tips Merawat Buku Agar Tidak Rusak dari Kepala DPK Provinsi Bengkulu

Tips Merawat Buku Agar Tidak Rusak Dari Kepala DPK Provinsi Bengkulu-naura qristina-

BACA JUGA:Mobil Listrik yang Pas Untuk Mudik hari Raya, Meski Seken Tapi Masih Keren

“Untuk merawat buku itu sebenarnya simple, dimana buku tersebut diberi sampul plastik dan selanjutnya simpan di tempat terbuka, kemudian hindari meletakkan buku di tempat yang masuk cahaya matahari langsung," ujar nya. 

 

Lalu, debu adalah musuh utama buku-buku. Debu dapat merusak permukaan buku dan menyebabkan goresan, serta mempengaruhi kualitas kertas.

Oleh karena itu, lakukan pembersihan rutin pada buku-buku Anda dengan menggunakan kain lembut atau kuas khusus buku.

Pastikan juga untuk membersihkan bagian dalam rak buku secara berkala.

Kemudian Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M. Pd mengungkapkan agar buku tetap terawat, dalam penyusunan buku di rak buku dengan posisi vertikal dan lakukan pembersihan rutin terhadap rak tersebut.

“Agar buku tidak mudah rusak dan berjamur, harus rajin membersihkannya secara rutin dari debu dan kotoran yang menempel ketika menyusun buku di rak buku," tutup nya. 

Merawat buku dengan baik adalah tanggung jawab setiap pecinta literatur. Dengan mengikuti tips profesional yang telah disebutkan di atas, dapat memastikan bahwa buku-buku kesayangan akan tetap terjaga dan tidak cepat rusak. 

BACA JUGA:5 Film Drama Korea Terbaru Ini Bisa Inspirasi di Tahun 2024! Apa Saja Ya?

Ingatlah untuk menjaga kebersihan buku, menyimpannya dengan benar, mencegah kerusakan fisik, membersihkannya dengan hati-hati, dan melakukan perawatan rutin.

Dengan melakukan semua itu, akan lebih menikmati membaca koleksi buku dalam kondisi yang baik dan awet dalam jangka waktu yang lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: