UMKM Sari Aren Sukses Tingkatkan Nilai Ekonomis Gula Aren , Targetkan Masuk Pasar Internasional

UMKM Sari Aren Sukses Tingkatkan   Nilai Ekonomis Gula Aren , Targetkan Masuk Pasar Internasional

Inilah contoh gula aren versi sachet-Suparmi-radarbengkulu

RADARBENGKULU-  Gula aren atau sebagian masyarakat mengenalnya dengan nama gula merah serta gula jawa ini masih menjadi salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Rejang Lebong.  

Meskipun menjadi komoditas unggulan, sayangnya harga jual dari gula aren ini masih tergolong murah di pasaran. Sehingga, membuat kebanyakan petani gula aren belum mendapatkan hasil yang maksimal dari memproduksi gula aren tersebut.

BACA JUGA:BI Sukses Membranding Potensi Lokal, Pengembangan UMKM, Ciptakan Ketahanan dan Perkuat Ekonomi Daerah

 

Berangkat dari keresahan ini, UMKM Sari Aren memiliki tekad yang kuat untuk meningkatkan nilai ekonomis gula aren dengan menerapkan beberapa inovasi menarik.  

Suparmanto selaku pemilik UMKM bersama stafnya Embang Novianto berupaya berinovasi dengan mengubah gula aren batok yang diproduksi masyarakat sekitar menjadi gula semut yang memiliki kualitas premium. Dalam upaya mencapai inovasi tersebut, pada akhirnya UMKM Sari Aren mendapatkan kesempatan menjadi UMKM binaan Bank Indonesia Wilayah Bengkulu.

BACA JUGA:Dinas Perdagangan Bengkulu Selatan Fasilitasi Hak Paten Pelaku UMKM

 


Contoh Kemasan Sari Aren original-Suparmi-radarbengkulu

UMKM Sari Aren sebagai binaan dari Bank Indonesia wilayah Bengkulu ini mendapatkan bantuan maksimal mulai dari bantuan alat operasional hingga Bimtek yang pada akhirnya berhasil mendorong UMKM Sari Aren mengubah gula aren batok menjadi gula semut dengan kulitas tinggi (grade premium).

Prosesnya diawali dengan mengumpulkan gula aren batok dari masyarakat sekitar. Gula aren yang dipilih dan akan menjadi bahan baku gula aren semut hanyalah gula aren dengan kualitas terbaik saja. Gula aren kualitas terbaik ini dapat dikenali dari warnanya yang cenderung kuning.

BACA JUGA:BI Bengkulu Terus Berkomitmen Dalam Pengembangan UMKM Melalui WUBI dan PUBI

 

Setelah proses pengumpulan gula aren yang memenuhi standar, dilanjutkan dengan proses perajangan. Yaitu proses pemotongan gula aren menjadi lebih kecil dan tipis. Hasil dari proses ini kemudian dimasukkan kedalam oven untuk dikeringkan hingga kadar air dalam gula berkurang. Yaitu menjadi sekitar 3% saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu