DPRD Provinsi Bengkulu Soroti Program Prioritas Gubernur dan Capaian Pembangunan Selama Menjabat

DPRD Provinsi Bengkulu Soroti Program Prioritas Gubernur dan Capaian Pembangunan Selama Menjabat

DPRD Provinsi Bengkulu Soroti Program Prioritas Gubernur dan Capaian Pembangunan Selama Menjabat-windi-

RADAR BENGKULU - Gubernur Bengkulu, Prof. Dr. H. Rohidin Mersyah memaparkan sejumlah keberhasilan dan prestasi Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu yang berlangsung  Selasa, 5 Maret 2023.

Namun, pasca paripurna dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Bengkulu Tahun 2023, DPRD Provinsi Bengkulu menyoroti capaian program prioritas dan unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Dalam paripurna tersebut, Gubernur Rohidin Mersyah menyampaikan beberapa proyek pembangunan yang telah atau akan dilaksanakan, diantaranya adalah pembangunan ruas jalan provinsi dari Pulau Baai menuju Pasar Ngalam Kabupaten Seluma. 

"Kemudian pembangunan jalan di Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, dan Bengkulu Tengah yang saat ini dalam tahap finalisasi. In shaa Allah pembangunan ini akan dimulai dalam tahun ini," ungkap Rohidin.

BACA JUGA:Kasus Nilai PDSS, Kepala SMA Negeri 5 dan Wakil Kurikulum Dinonaktifkan

BACA JUGA:5 Fakta Tentang Tubuh Anda yang Mungkin Tidak Anda Ketahui, Termasuk soaol Buang Gas Perut 14 Kali Sehari

Selain itu, Rohidin juga memaparkan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Bengkulu Tengah (Benteng) Kota Bengkulu dan Seluma (Kobema), serta pembangunan lanjutan major project di Pulau Enggano. Dua proyek ini dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Rohidin juga menyoroti pengembangan kawasan Danau Dendam Tak Sudah (DDTS), yang melibatkan tiga Direktorat Jenderal di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dibidang kebudayaan, Rohidin menyebutkan persetujuan untuk pemugaran Benteng Marlborough, Masjid Jamik, dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Bengkulu. 

" Provinsi Bengkulu juga mendapatkan program kompensasi karbon dalam pengelolaan kawasan hutan yang mencapai belasan miliar, serta berbagai penghargaan dari pusat, seperti Samsat nasional." 

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi, S.Ip, MM, bersama dengan H. Zainal, S.Sos, M.Si, menyayangkan bahwa dalam LKPj yang disampaikan oleh Gubernur, tidak disinggung mengenai 18 program prioritas dan 68 program unggulan yang merupakan bagian dari visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Kami belum mengetahui secara pasti keberhasilan yang sudah dicapai. Terutama berkaitan dengan program prioritas dan unggulan tersebut. Seperti program stadion mini, pendidikan gratis, sambungan listrik gratis, LPG 3 Kg, dan lainnya," ujar Edwar.

BACA JUGA:Gelar Jalan Santai Berhadiah Tiga Unit Sepeda Motor, Bupati Seluma Ucapkan Terima Kasih

DPRD Provinsi Bengkulu menegaskan pentingnya inklusi dan pelaporan yang komprehensif terkait dengan capaian pembangunan. Sehingga masyarakat dapat melihat dengan jelas manfaat dari program-program yang telah diluncurkan. Diharapkan bahwa dalam penyusunan LKPj selanjutnya, semua program prioritas dan unggulan akan disertakan secara transparan, sehingga evaluasi dan pengawasan dapat dilakukan secara lebih efektif demi kemajuan Provinsi Bengkulu yang lebih baik. (wij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: