10 Jenis Puasa yang Diharamkan Dalam Ajaran Islam, yuk Pahami!

10 Jenis Puasa yang Diharamkan Dalam Ajaran Islam, yuk Pahami!

empat jenis puasa dalam Islam, yaitu puasa wajib, puasa matahari, puasa makruh, dan puasa haram, selebihnya haram dilakukan-Wikipedia-

Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Puasa di hari raya Idul Fitri adalah puasa yang haram.Walaupun tidak boleh dimakan, namun puasa tidak diperbolehkan pada hari ini.

Seperti dijelaskan dalam sebuah hadis sejarah Islam, Nabi SAW melarang umatnya untuk berpuasa. Pada dua hari Idul Fitri dan Iduladha.

BACA JUGA:Inilah Motor Matic Paling Irit Dengan Harga Terjangkau, Cocok Dibawa Mudik Lebaran

Abu Sa’id Al Khudri R.A. dikatakan:

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idulfitri dan Iduladha.” (HR. Muslim).

2. Puasa Hari Raya Idul adha

Iduladha adalah salah satu dari dua hari raya yang dilarang berpuasa. Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Adha.

Idul Adha dirayakan dengan shalat Idul Fitri dan Sunnah umat Islam mengharuskan penyembelihan hewan kurban dan memakannya.

BACA JUGA:Program Pesantren Sehat Lifebuoy untuk Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Santri

Oleh karena itu puasa pada waktu ini . hari tidak menambah keimanan, justru dosa.

Dari Abi Ubaid, Maula Ibnu Azhar berkata yang artinya:

“Aku menyaksikan pelanggaran dengan Umar bin al Khattab.

Beliau berkata:

Inilah dua hari yang disaksikan Rasulullah dan diharamkannya puasa, yaitu hari pada hari kamu berbuka, puasa dan pada hari-hari lainnya kamu makan dari hewan yang disembelih.” (HR.Bukhari).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: