Bisakah Psikopat Benar-Benar Bisa Merasakan Empati? Ini Kata Para Ahli

Bisakah Psikopat Benar-Benar Bisa Merasakan Empati? Ini Kata Para Ahli

Bisakah Psikopat Benar-Benar Bisa Merasakan Empati?-Poto honestdoc-

BACA JUGA:5 Tips dan Cara Menyimpan Rendang Agar Tetap Enak dan Tidak Mudah Basi

"Tetapi empati kognitif lebih seperti mentalisasi. Artinya, Anda bisa memikirkan bagaimana orang lain berpikir atau merasakan. Psikopat biasanya pandai dalam hal ini dan menggunakannya untuk memanipulasi orang."

Kurangnya empati emosional inilah yang membuat individu psikopat tampak dingin dan kejam.

Namun, penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa orang dengan psikopati memiliki kapasitas untuk mengalami empati jenis ini dalam kondisi yang tepat. 

“Ketika Anda dengan sengaja memfokuskan orang-orang dengan psikopati untuk memberi label emosi dalam sebuah foto dengan cara yang jelas (artinya wajah menunjukkan 100% emosi tersebut), mereka dapat melakukannya secara akurat,” kata Arielle Baskin-Sommers , seorang psikolog di Universitas Yale. Sains Langsung. 

"Jika Anda menampilkan wajah dengan sangat cepat atau memadukan emosi, maka orang dengan psikopati tampaknya akan kesulitan." 

Kesulitannya, bukan karena psikopat tidak memiliki empati, namun mereka tidak memiliki kemampuan alami untuk melakukannya dengan mudah.

Tapi apakah ini keterampilan yang bisa dipelajari oleh psikopat? Ada banyak alasan untuk meyakini hal tersebut, kata Baskin-Sommers kepada Live Science.

Bahwa mereka dapat merasakan empati dan bahwa kemampuan ini tampaknya berubah tergantung pada situasi merupakan suatu tanda yang menjanjikan. 

Jadi mengapa perilaku ini berkembang? Para ilmuwan belum yakin secara pasti, meskipun bukti menunjukkan bahwa hal ini disebabkan oleh campuran faktor genetik dan lingkungan.

Meskipun penyebabnya tidak diketahui, efek psikopati pada otak sudah diketahui secara pasti.

Penelitian telah menunjukkan perbedaan besar dalam struktur otak dan cara berbagai wilayah otak berkomunikasi pada individu psikopat.

“Ukuran struktur dan fungsi amigdala, yang merupakan wilayah otak yang penting untuk proses emosional kita, terlihat berbeda pada orang dengan psikopati,” kata Baskin-Sommers. 

“Kita juga cenderung melihat perbedaan struktur prefrontal otak yang berkaitan dengan kognisi umum dan pengendalian perilaku. Orang dengan psikopati pada dasarnya memiliki otak yang sangat berbeda.” 

Perbedaan neurologis ini berarti bahwa individu psikopat tidak memproses emosi dengan cara yang sama seperti individu tanpa psikopati dan kesenjangan fisik ini sulit diatasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: