12 Tanda Jika Kamu Sudah Mengkonsumsi Gula Secara Berlebihan

12 Tanda Jika Kamu Sudah Mengkonsumsi Gula Secara Berlebihan

12 Tanda Jika Kamu Sudah Mengkonsumsi Gula Secara Berlebihan -Halodoc-

10. Perubahan suasana hati

Gula tambahan meningkatkan risiko gangguan mood dan bahkan depresi. Sebenarnya ada lebih dari satu faktor yang berperan; Pertama, ada perubahan gula darah yang membuat Anda merasa lebih bahagia pada awalnya, namun segera membuat Anda rewel dan lelah setelahnya. 

Kedua, gula dapat memengaruhi neurotransmiter pengatur suasana hati di otak Anda sehingga dapat menyebabkan efek jangka panjang pada suasana hati Anda dan bahkan memicu timbulnya depresi.

 

11. Kurang tidur

Ada beberapa bukti yang menunjukkan adanya hubungan antara gangguan tidur dan konsumsi gula.

Jika gula darah Anda terus melonjak dan turun sepanjang malam, tidur Anda tidak akan pulih sebagaimana mestinya, yang dapat membuat Anda mengalami perubahan suasana hati, kelelahan, dan sakit kepala keesokan harinya. 

Oleh karena itu disarankan untuk menghentikan asupan makanan dan minuman manis setidaknya beberapa jam sebelum tidur, sehingga makanan dan minuman manis tersebut sudah keluar dari sistem Anda ketika tiba waktunya untuk tertidur.

 

12. Selalu lapar

Terlalu banyak mengonsumsi makanan (dan terutama minuman) dengan kandungan gula tinggi berkontribusi terhadap keinginan mengidam dan melemparkan Anda ke dalam siklus rasa lapar palsu. 

Makanan yang tidak mengandung banyak protein atau serat tidak akan membuat Anda kenyang, namun akan menyebabkan gula darah Anda melonjak dan turun, dan membuat Anda mendambakan lebih banyak makanan kaya karbohidrat untuk bangkit kembali. 

Tapi kalori tetaplah kalori, dan mengandung banyak gula, jadi Anda akan dengan mudah meningkatkan jumlah kalori Anda tanpa benar-benar merasa kenyang. Hal ini hanya akan menyebabkan penambahan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: