Ternyata Kesepian Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan! Berikut 4 Cara dan Tips Melawan Kesepian

Ternyata Kesepian Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan! Berikut 4 Cara dan Tips Melawan Kesepian

Kesepian adalah emosi umum manusia yang bukan hal baru dalam pengalaman manusia. Tahukah Anda bahwa otak Anda memandang kesepian sebagai ancaman? -Poto ilustrasi-

Bisakah Anda memulai percakapan dengan tetangga atau bertemu dengan seseorang yang sudah kehilangan kontak dengan Anda? Meski terdengar menakutkan untuk dihubungi, orang-orang biasanya senang jika diperhatikan.

 

2. Batasi waktu pemakaian perangkat Anda untuk mencapai koneksi tatap muka 

Berada di internet sepanjang waktu dapat meniru rasa terhubung, namun penting untuk mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan di perangkat elektronik, media sosial, dan aktivitas berbasis layar lainnya yang dapat berkontribusi pada perasaan terisolasi. 

Dengan terus-menerus terhubung dengan perangkat elektronik, perasaan cemas, dan depresi dapat meningkat seiring berjalannya waktu.

Sebaliknya, prioritaskan menghabiskan waktu di luar ruangan, melakukan aktivitas yang Anda sukai, atau berbicara dengan teman atau anggota keluarga. 

Pilih untuk menjadwalkan interaksi tatap muka seperti pertemuan olahraga dan kencan minum kopi, atau menghadiri kelas baru di mana Anda dapat bertemu orang baru yang memiliki minat yang sama. 

3. Menjadi sukarelawan di komunitas Anda

Tahukah Anda bahwa melakukan sesuatu untuk orang lain dapat berdampak positif pada kesehatan mental Anda? Ini mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan emosional kita, dan bahkan bermanfaat bagi kesehatan fisik kita.

Menjadi sukarelawan tidak hanya memungkinkan Anda berkontribusi pada tujuan yang Anda pedulikan, tetapi juga memberikan peluang untuk interaksi sosial dan hubungan dengan orang lain. 

Ini juga memungkinkan Anda mengalihkan pikiran dari segala hal yang mungkin memengaruhi kesehatan mental Anda saat ini.

Anda dapat memulai dengan memilih peluang menjadi sukarelawan yang sesuai dengan minat dan keterampilan Anda, baik yang berkaitan dengan kesehatan atau kepedulian terhadap lingkungan. 

4. Bicaralah dengan ahli kesehatan tentang perasaan kesepian Anda

Jika perasaan kesepian terus berlanjut dan berdampak signifikan pada kesejahteraan Anda, pertimbangkan untuk menghubungi ahli kesehatan seperti dokter, pekerja sosial berlisensi, atau psikolog. 

Profesional layanan kesehatan dapat memberikan dukungan, bimbingan, dan strategi yang berharga untuk mengatasi kesepian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: