Tiba di Makkah, Jamaah Calon Haji Mulai Melakukan Aktivitas Rangkaian Ibadah Umrah Wajib

Tiba di Makkah, Jamaah Calon Haji Mulai Melakukan Aktivitas Rangkaian Ibadah Umrah Wajib

Tiba di Makkah, Jemaah Calon Haji Mulai Melakukan Aktivitas Rangkaian Ibadah Umrah Wajib-Ist-

Data di Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, sejak kedatangan kekota Makkah, sudah lebih dari 20 kloter jemaah haji bergerak ke Masjidil Haram untuk melakukan rangkaian ibadah umrah.

Pantauan Tribunnews.com, para jemaah haji sangat bersemangat dan berantusias untuk melaksanakan umrah wajib yang dimulai dari tawaf yaitu prosesi mengelilingi Kakbah sebanyak 7 kali, hingga sai (lari kecil atau jalan dari bukit Safa ke Marwa.

Tentunya rangkaian ibadah ini sangat menguras banyak tenaga, hingga tak sedikit para jemaah pasti kelelahan hingga merasakan nyeri kaki. 

Kondisi ini diakui dari Tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH), dokter Meldy Muzada Elfa.

"Tidak sedikit yang kelelahan saat sai. Jemaah rasakan nyeri lutut dan kaki setelah tawaf," kata dokter Meldy.

Dokter Meldy yang bertugas di Masjidil Haram mengawal jemaah haji bersama tim PKP3JH pun langsung sigap membantu jemaah yang mengalami lelah dan nyeri.

Menurut dokter yang kesehariannya bertugas di RSUD Ulin Banjarmasin ini Tim PKP3JH memberikan salep anti nyeri dan anti radang.

Sebelumnya pada jemaah yang kelelahan dan rasakan nyeri diminta istirahat dan meluruskan posisi kaki.

Beberapa pasien dianggap perlu mengonsumsi obat, tim PKP3JH akan memberikan tablet analgetik untuk mengurangi nyeri jika terasa lagi.

"Kami sarankan untuk istirahat terlebih dulu. Jika perlu para jemaah akan diberi obat analgesik. Namun, jika nyeri tak kunjung mereda setelah diberi obat maka jemaah disarankan untuk memakai kursi roda," kata dokter Meldy.

Lalu, jemaah juga dapat melanjutkan prosesi ibadah sai bisa melakukannya dengan berjalan pelan-pelan. 

"Kemudian yang penting, saat sai ini lebih baik memakai alas kaki. Karena sudah boleh menggunakan sendal yang bersih," saran dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: