Hikmah Perintah Berkurban

Hikmah Perintah Berkurban

Yurlan Hamidi, M.Pd.I-Adam-radarbengkulu

Ketiga, Memupuk kepedulian sesama 

Dengan kita berkurban, berati kita peduli kepada orang lain dan saudara- saudara.

 

Keempat, Menyiarkan Islam

Ibadah kurban merupakan ibadah sosial yang berarti mengandung nilai-nilai sosial dalam kemasyarakatan. Karena, setelah kita menyembelih hewan kurban dibagikan kepada lingkungan sekitar.

 

Kelima , Meningkatkan iman dan taqwa 

Imam memiliki sifat yazidu wayangjus/kadang naik kadang turun. Karena itu, harus berusaha meningkatkan keimanan. 

Keenam, terpelihara dari sifat kikir dan menjadi beruntung

 

Ketujuh, Berkurban merupakan sifat dan bukti ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Berkurban dengan harta untuk orang tertentu dan kebanyakan orang terasa berat, karena ada hubbud dunya (mencintai dunia), sehingga justru mengumpulkan dunia atau harta bukan membelanjakannya.

Berkurban merupakan pembelanjaan harta di jalan Allah. Hanya ridha Allah yang diharapkan, bukan yang lain. Jika seseorang sudah ikhlas memberikan sebagian hartanya untuk orang lain melalui ibadah kurban, maka Allah berjanji kepadanya dengan menjadikan orang yang berkurban akan dijauhkan dari sifat kikir dan selalu beruntung.

 

Allah berfirman yang  artinya: "Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu, dengar, dan taatlah, nafkahkanlah yang baik untuk dirimu, dan siapa yang dipelihara dirinya dari sifat kikir, merekalah orang-orang yang beruntung." (QS. At-Taghabun: 16).

Demikian khutbah yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu