Ini Cara Dinarpusda Mukomuko Mendukung Program Penguatan Literasi Masyarakat Desa

Ini Cara Dinarpusda Mukomuko Mendukung Program Penguatan Literasi Masyarakat Desa

Cara Dinarpusda Mukomuko Mendukung Program Penguatan Literasi-Seno-

 

Adapun 9 desa yang bakal menerima bantuan bahan bacaan bermutu beserta rak buku pada tahun 2024 ini uraianya sebagai berikut:

 

1) Perpustakaan Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko, 2) Perpustakaan Desa Resno, Kecamatan V Koto, 3) Perpustakaan Desa Kota Praja, Kecamatan Air Manjuto, 4) Perpustakaan Desa Pasar Ipuh, Kecamatan Ipuh. 

 

Lalu, 5) Perpustakaan Desa Air Kasai, Kecamatan Air Dikit, 6) Perpusdes Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto, 7) Perpusdes Nelan Indah, Kecamatan Teramang Jaya, 8) Perpusdes Tanah Karya, Kecamatan Lubuk Pinang, dan 9) Perpusdes Sidodadi, Kecamatan Penarik. 

 

"Jenis bahan bacaan yang disalurkan beragam, mulai dari pertanian, ekonomi, buku keagamaan, dan lainnya. Jumlah per desa itu sekitar 1.000 buah buku," sebut Winarto. 

 

Ia berharap, dengan bertambahnya koleksi bahan bacaan yang tersedia di perpustakaan desa, minat baca warga juga bisa meningkat. Pemerintah desa bersama pengelola Perpusdes juga harus melakukan inovasi untuk memacu masyarakat gemar membaca. 

 

Untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, penguatan literasi masyarakat sangat perlu dilakukan. Meski saat sekarang ini informasi mudah diperoleh melalui teknologi digital, bahan bacaan dari buku masih sangat dibutuhkan. Khusunya bagi masyarakat pedesaan. 

 

Oleh sebab itulah, keberadaan perpustakaan di desa menjadi penting sebagai pusat penguatan literasi masyarakat. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: