Ini Dia Lima Ciri Kecerdasan Rohani

Ini Dia Lima Ciri Kecerdasan Rohani

H. Mahmuda, S. Ag, M.H.I -Adam-radarbengkulu

"Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam shalatya, dan orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna." (Al-Mu'minuun: 1-3). 

 

Ketiga, yang merupakan ciri orang yang memiliki kecerdasan rohani adalah bersyukur atas kebahagiaan dan kenikmatan yang diperoleh. Ini merupakan sikap yang sangat mulia. Karenanya, hal ini menjadi ciri bagi orang yang memiliki kecerdasan rohani.

Karena dengan begitu, seorang mukmin menyadari bahwa segala kenikmatan merupakan anugerah atau pemberian dari Allah SWT. Manusia memang seharusnya menyadari bahwa usaha yang dilakukannya sebenarnya tidak seberapa besar.

 

Tetapi, Allah SWT memberikan balasan dengan balasan yang besar. Sikap seperti inilah yang membuat dirinya menjadi orang yang memiliki kepribadian yang mengagumkan. 

Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

"Sungguh menakjubkan urusan orang beriman. Semua urusannya baik baginya, dan tidak ada yang demikian itu bagi seseorang selain mukmin. Kalau ia memperoleh kesenangan ia bersyukur, dan itu baik baginya. Kalau ia tertimpa kesusahan, ia sabar dan itu baik baginya." (HR Ahmad dan Muslim).

 

Sifat seorang mukmin yang menunjukkan rasa syukur atas segala kenikmatan itu membuatnya tidak akan lupa diri, bila kenikmatan diperolehnya dalam kehidupan ini.

Cara bersyukur yang ditunjukkan oleh seorang mukmin adalah pertama, bersyukur dengan hati. Yakni, mengakui bahwa kenikmatan yang diperolehnya berasal dari Allah SWT. Apa yang dilakukannya hanyalah sebab untuk mendapatkan kenikmatan yang banyak.

 

Kedua, bersyukur dengan lisan, yakni mengucapkan hamdalah atau pujian kepada Allah SWT atas segala kenikmatan yang telah diperoleh. 

Ketiga, bersyukur dengan amal, yakni apa pun yang dilakukannya merupakan wujud dari rasa syukurnya. Sehingga, amal itu dilakukan sesuai dengan ketentuan-ketentuan Allah SWT.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu