Ini Dia Lima Ciri Kecerdasan Rohani

Ini Dia Lima Ciri Kecerdasan Rohani

H. Mahmuda, S. Ag, M.H.I -Adam-radarbengkulu

Dengan menunjukkan rasa syukur itulah, kenikmatan yang diperoleh seorang mukmin akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya. Sehingga, kenikmatan itu tidak hanya dirasakan oleh diri dan keluarganya, tapi juga oleh orang lain hingga kenikmatan itu bertambah banyak, bahkan dari segi jumlahnya atau paling tidak rasanya.

 Allah SWI berfirman yang artinya:

“…….. Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (Ibrahim: 7).

 

Jamaah Sidang Jumat yang berbahagia,

Keempat, yang merupakan ciri orang yang memiliki kecerdasan rohani adalah sabar atas segala musibah atau sesuatu yang tidak menyenangkan menimpa dirinya. Inilah yang tecermin dari hadits di atas. Kecerdasan dan kekuatan rohani membuat seorang Muslim tidak mudah berputus asa.

Sesulit apa pun keadaan yang menimpa dirinya, dia tetap optimis akan hari esok yang lebih baik. Baginya, yang penting adalah berusaha seoptimal atau sebisa mungkin, dan bertawakal kepada Allah SWT atas hasil yang akan diberikan-Nya. Karena itu, dalam kehidupan ini kesabaran merupakan seuatu yang sangat penting bagi keberhasilan dan kebaikan hidup yang kita jalani.

 

Kelima, atau yang terakhir dari ciri orang yang memiliki rohani yang cerdas adalah memiliki rasa malu. Rasa malu bagi manusia merupakan sesuatu yang sangat penting. Malu yang dimaksud adalah malu bila melakukan hal-hal yang tidak dibenarkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.

Hal ini karena bila kita dan anggota masyarakat lainnya telah memiliki rasa malu seperti ini, maka tidak akan ada penyimpangan yang dilakukan. Oleh karena itu, sifat ini menjadi sesuatu yang sangat penting hingga ia menjadi salah satu cabang dari iman. Karenanya, keimanan seseorang perlu kita pertanyakan apabila pada dirinya tidak ada perasaan malu. 

Rasulullah saw. bersabda yang artinya: “Malu itu cabang dari iman” (HR Bukhari).

 

Ma'asyiral Muslimin Rahimakumullah,

Untuk meraih kecerdasan rohani, setiap Muslim harus menyehatkan hatinya. Hal ini karena kebaikan dan keburukan manusia berpusat pada hatinya. 

Dalam satu hadits Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu